5 Fakta Bipang Ambawang, Makanan Nonhalal Viral Khas Kalimantan Barat

Berkunjung ke Kalimantan Barat, tak lengkap tanpa menjajal kelezatan kuliner khasnya. Salah satunya adalah sajian nonhalal, Bipang Ambawang.

Rendy Adrikni Sadikin
Senin, 10 Juli 2023 | 15:12 WIB
Ilustrasi babi guling. (Pixabay/sdblack)

Ilustrasi babi guling. (Pixabay/sdblack)

Guideku.com - Berkunjung ke Kalimantan Barat, tentu tak lengkap tanpa menjajal kelezatan kuliner khasnya. Salah satunya adalah sajian nonhalal, Bipang Ambawang.

Bipang berasal dari singkatan babi panggang, sementara Ambawang merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kubu Raya, Kalimantan Barat. Beberapa waktu lalu, Bipang Ambawang sempat viral lantaran disebut dalam pidato Presiden Joko Widodo. 

Fakta Menarik Bipang Ambawang

Sebuah Merek Dagang

Bipang Ambawang merupakan sebuah merek dagang yang terdaftar secara resmi pada Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Indonesia dengan Nomor Permohonan IPT2020076325 pada 26 Agustus 2020. Merek dagang Bipang Ambawang didaftarkan untuk tipe kelas 29,43, dan 35.

"Misi kami ingin menghadirkan makanan khas suku Dayak ini lebih inklusif dan dikenal oleh masyarakat luas. Secara tradisi, Bipang ini biasanya hanya bisa dinikmati saat perayaan pesta dan oleh keluarga tertentu. Oleh karena itu, lewat berdirinya restoran ini kami ingin semua orang bisa mencicipi lezatnya Bipang Ambawang," ungkap Juniarto, Founder Bipang Ambawang, dikutip dari siaran pers. 

Proses Pemanggangan Bipang Ambawang

Proses pemanggangan bipang memakan waktu 10-13 jam dengan menggunakan babi muda yang berumur 3-5 bulan seberat 12-20 kg.

"Babi Bipang Ambawang berasal dari para peternak kampung yang ternaknya diberi makan sagu, singkong, dan pelepah pisang dan kami panggang secara tradisional di Tungku arang. Sehingga aspek food security dan cara memasak kami benar-benar sesuai standar," tutur Deky Junaedi, pemilik Restaurant Bipang Ambawang.

Menu Utama dan Andalan Bipang Ambawang

Masakan Bipang Ambawang memiliki pola tekstur yang lembut dan kriuk. Ada juga paket Bipang satu ekor utuh yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan teman.

Hadirkan Cabang Pertama di Jakarta

Bipang Ambawang telah membuka cabang pertamanya di Jakarta, berlokasi di East Coast By The Sea, Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara.

Tersedia secara Online dan Offline

Selain menjual bipang secara offline, ada pula beberapa produk dalam kemasan dingin atau frozen, termasuk paket sambel antuha dan limo yang dijual via e-commerce. Cukup panaskan dalam air fryer, goreng atau oven sebelum menyajikannya.

Berita Terkait TERKINI
Mau bikin nasi kebuli untuk disajikan pada Hari Raya Idul Fitri? Berikut resepnya....
food | 10:00 WIB
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Tampilkan lebih banyak