Ada Serundeng hingga Tempe, Ternyata Ini Makanan Indonesia yang Terkenal di Dunia, Ada Favoritmu?

Dari sekian banyak makanan terkenal milik Indonesia ada beberapa makanan yang ternyata terkenal dan juga digemari orang asing hingga terkenal di dunia.

Putri Lenggani | Fitri Asta Pramesti
Jum'at, 03 November 2023 | 11:24 WIB
Ilustrasi tempe goreng. (Shutterstock)

Ilustrasi tempe goreng. (Shutterstock)

Guideku.com - Guideku.com - Indonesia menjadi salah satu negara dengan makanannya yang enak-enak. Ada serundeng hingga tempe  dari Indonesia yang ternyata digemari juga oleh orang asing hingga menjadi terkenal di dunia.

Dari sekian banyak makanan terkenal milik Indonesia ada beberapa makanan yang sering kita temukan bahkan sering menjadi pelengkap untuk makanan yang kita makan.

Berikut makanan-makanan populer milik Indonesia yang juga terkenal di dunia.

Baca Juga: Ketahui Khasiat Buah Semangka yang Viral Jadi Simbol Dukungan Palestina

1. Tempe

Tempe adalah makanan yang terbuat dari kedelai. Makanan yang lumrah ditemukan di warungan ini ternyata memiliki kandungan protein setara dengan daging, lho. Tempe dibuat dari bungkil kedelai yang difermentasikan. 

Pada awal dibuatnya, tempe merupakan produk sisa yang dibuat dari kedelai sisa pembuatan tahu. Kedelai-kedelai itu secara spontan berfermentasi dan menghasilkan makanan tempe yang kita kenal sekarang.

Baca Juga: WAJIB NONTON! BEBERAPA FILM SADIS DENGAN TEMA HALLOWEEN YANG BAGUS DAN SPOOKY

Di Indonesia, masyarakat banyak mengolah tempe dengan berbagai macam jenis camilan seperti keripik tempe, nugget tempe, tempe crispy, dan banyak lagi. Tak hanya enak, tempe dipilih kerena juga memiliki nilai gizi yang tinggi dan bisa menjadi pengganti protein.

2. Serundeng

Salah satu bumbu terkenal yang juga terkenal di dunia adalah serundeng. Makanan yang terbut dari kelapa parut ini  biasanya diasosiasikan dengan olahan masakan Jawa. Serundeng merupakan kombinasi dari kelapa parut  sangrai dan berbagai bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, asam jawa, daun jeruk, cabai, ketumbar, lengkuas, daun salam, dan gula pasir.

Banyak makanan yang dicampur dengn serundeng, seperti bisa ditaburkan di atas ketupat, kuah soto, ketan, ayam goreng serundeng, dan banyak lagi.

3. Acar Sayur

Makanan yang memiliki rasa pedas juga tak kalah terkenal untuk dicicipi para turis, salah satunya adalah acar sayur. Makanan tradisional ini merupakan campur kubis, wortel, mentimun, atau kacang panjang yang  dibumbui dengan cabai dan irisan bawang merah.

Acar juga biasanya digunakan sebagai topping untuk mie dan nasi atau sebagai pelengkap masakan panggang atau goreng dan kari.

Di Indonesia acar sayur dapat dijumpai dengan penambahan buah-buahan seperti mangga atau nanas.

Tak hanya Indonesia, ternyata acar juga dapat ditemukan di Malaysia dan Singapura, yang secara tradisional dibuat dengan pasta kacang pedas.

Namun, acar khas Indonesia sendiri terbilang unik karena ada penambahan cuka, sehingga cita rasa yang menonjol bukan hanya pedas namun ada asamnya yang semakin menyegarkan saat dicicipi.

4. Kecap Manis

Kecap manis adalah salah satu bumbu tradisional yang sering digunakan masyarakat Indonesia untuk masakannya. Aroma khas yang terdapat dalam kecap manis dari Indonesia berasal dari gula palem.

Warnanya pun lebih pekat dari kecap biasa dengan tekstur kental, serta rasa manisnya ada sedikit molase, karamel, dan butterscotch.

Kecap manis biasa ditambahkan untuk masakan seperti nasi goreng, ketoprak, ayam kecap, bakso, dan masakan semur, dan banyak lagi.

Kecap manis bisa juga digunakan sebagai saus celup. Karena pada masa kolonialisme Belanda di Indonesia, kecap manis juga populer di Belanda.

Nah, itulah beberapa macam makanan milik Indonesia yang terkenal di dunia. (*)

Berita Terkait TERKINI
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Tampilkan lebih banyak