Cara Nikmati 5 Kuliner Legendaris di Kota Yogyakarta, Bukan Cuma Gudeg lho

Siapa sangka sebagai Kota Budaya dan Seni, Jogja juga memiliki kulineran legendaris yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, cara menikmati makanan tersebut bisa simak selengkapnya di sini.

Rifqu Khanif
Rabu, 08 November 2023 | 11:00 WIB
Ilustrasi kuliner legendaris yang ada di Kota Yogyakarta sejak puluhan tahun lalu, bagi wisatawan luar kota bisa mengunjunginya sesuai dengan alamatnya. (Pixabay)

Ilustrasi kuliner legendaris yang ada di Kota Yogyakarta sejak puluhan tahun lalu, bagi wisatawan luar kota bisa mengunjunginya sesuai dengan alamatnya. (Pixabay)

Guideku.com - Kota Yogyakarta adalah salah satu tempat yang menyajikan segudang wisata kuliner penuh dengan ciri khasnya sendiri. Dikenal sebagai pusat seni dan budaya di Indonesia, Yogyakarta juga memanjakan lidah bagi para pengunjungnya dengan berbagai hidangan.

Salah satu ciri khas kuliner Yogyakarta adalah perpaduan cita rasa manis, gurih, dan pedas yang khas, apalagi sudah terkenal sejak lama. Makanan seperti gudeg yang manis dari nangka muda dan gurih kuahnya, serta ada bakpia sebagai dessert penutup. Selain itu, jangan lewatkan nasi kucing sejenis nasi dengan porsi kecil namun beragam lauknya, makanan tersebut dapat ditemukan di warung-warung kaki lima di beberapa titik penjuru Kota Yogyakarta.

Ngomongin minumannya, Yogyakarta juga dikenal dengan kedai kopi tradisional yang menawarkan kopi Jawa dengan citra rasa kuat dan nikmat. Kafe-kafe modern pun tak ketinggalan menyajikan kopi spesial.

Baca Juga: Pulau-pulau yang Wajib Kamu Kunjungi jika Traveling ke Labuan Bajo

Tapi, artikel ini akan membahas mengenai kuliner legendaris yang ada di Kota Yogyakarta. Dilansir dari kanal YouTube Aneka Wisata, (8/11/2023), ada 5 kuliner legendaris terkenal di Kota Yogyakarta.

Kuliner legendaris adalah sebuah jajanan atau makanan tradisional yang sudah sejak lama berdiri dan beroperasi.

Berikut 5 Kuliner Legendaris di Jogja:

Baca Juga: Wisata Religi dan Sejarah: Menikmati Keunikan Masjid Lautze 2 di Tengah Kota Bandung

1. Soto Pak Sholeh Barokah Al Barokah

Soto Pak Sholeh Al Barokah beralamat di Jalan Wiratama No.84 Tegalrejo, Yogyakarta. Menyajikan makanan khas nusantara, yakni soto. Jam operasional mulai dari pukul 06.30 - 15.00 WIB, harga per porsi Rp20.000.

Berbagai menu soto khas Jogja tersaji di Soto Pak Sholeh Barokah, dan andalannya adalah Soto Spesial Daging Sapi.

Baca Juga: Ide Wisata Musim Kemarau Panjang di Bandung, Mengunjungi Kawah Putih Ciwidey yang Mengering tapi Tetap Estetik

2. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto berada di Jalan Sewon Indah Rt4, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon. Sudah sejak lama melayani masyarakat dalam hal usaha makanan, tempat ini cukup legendaris.

Tersedia menu aneka lele goreng yang dipadukan dengan bumbu yang menggoda lidah dan perut pembeli. Bahkan, pembeli bisa mengambil sepuasnya nasi dan lauk yang hendak ia makan, karena Mangut Lele Mbah Marto menggunakan sistem prasmanan.

3. Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum adalah salah satu kuliner legendaris di Kota Yogyakarta. Hidangan ini terkenal karena kombinasinya yang begitu menggoda, ayam goreng renyah digabung dengan sambal pedas. 

Beralamat di Jalan Wurung, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Anda bisa mengunjungi kuliner legendaris yang satu ini. Bahkan pembeli bisa meminta jumlah cabai seusai seleranya masing-masing. Jam operasional pukul 07.00 - 20.00 WIB.

4. Serabi Kocor Mbah Padmo

Salah satu jajanan pasar tradisional yang memiliki rasa manis dan gurih ini, bisa Anda jumpai di Kota Yogyakarta. Nama tempatnya adalah Serabi Kocor Mbah Padmo.

Serabi Kocor Mbah Padmo sudah sejak lama menjual kuliner serabi di Jogja, jam operasional buka dari pukul 16.30 -22.00 WIB.Untuk harga menunya tergantung pesanan.

5. Warung Brongkos Handayani

Warung Brongkos handayani melayani pembeli yang hendak mencicipi berbagai menu di sana. Beralamat di Jalan Gading No. 2, Kecamatan Kraton.

Warung ini beroperasi dari jam 08.00 - 16.30 WIB, dengan tarif menu Rp18.000-40.000. Di sana ada gudeg, serta varian es yang begitu segar.

Cara menikmati kulineran di Jogja bagi Anda yang dari luar kota bisa simak:

- Pergi ke Jogja dengan memesan tiket kereta api/bus, tenang saja bagi pelancong luar kota tapi ingin mencicipi kuliner di atas. Cukup pesan tiket transportasi bus atau kereta dengan tujuan Jogja, maka Anda bisa langsung meluncur ke lokasi.

- Pesan tiket pesawat, bagi pelancong yang relatif jauh, misalnya dari luar pulau jawa, bisa menggunakan moda transportasi udara, pesawat. Setelah tiba di Jogja, tinggal meluncur ke lokasi deh.

- Menggunakan jalur darat dengan kendaraan roda dua. Ya, selain menghemat ongkos, pergi ke jogja dengan sepeda motor bisa jadi solusi bagi Anda yang penasaran dengan jajanan kuliner di atas.

Dari semua moda transportasi di atas, hal terpenting adalah mematuhi peraturan lalu lintas dan menjaga keamanan dalam berkendara.(*)

 

 

 

Berita Terkait TERKINI
Mau bikin nasi kebuli untuk disajikan pada Hari Raya Idul Fitri? Berikut resepnya....
food | 10:00 WIB
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Tampilkan lebih banyak