Ide Makanan dan Minuman Berbahan Dasar Jahe Selain Jadi Permen Seperti di 'Gadis Kretek'

Ide makanan dan minuman berbahan dasar jahe, selain dijadikan permen seperti yang terdapat dalam miniseri 'Gadis Kretek'

Caca Kartiwa
Selasa, 14 November 2023 | 08:30 WIB
ILUSTRASI. Ide minuman dan makanan berbahan dasar jahe selain jadi permen jahe seperti yang terdapat di miniseri Gadis Kretek

ILUSTRASI. Ide minuman dan makanan berbahan dasar jahe selain jadi permen jahe seperti yang terdapat di miniseri Gadis Kretek

Guideku.com - Seiring populernya miniseri Gadis Kretek yang dibintangi Dian Sastrowardoyo, berbagai elemen dalam cerita tersebut turut menjadi sorotan, termasuk permen jahe.

Dalam kisah di 'Gadis Kretek' permen jahe merupakan camilan kesukaan Rukayah yang diperankan Tissa Biani.

Bagi orang Indonesia, jahe bukanlah bumbu dapur yang asing karena aromanya yang khas.

Baca Juga: Rekomendasi Villa di Bandung Cocok untuk Staycation Bersama Keluarga Tercinta

Jahe sendiri dikenal sebagai bahan serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai resep makanan dan minuman. Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman berbahan dasar jahe, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Fresh Ginger Tea
Teh jahe segar adalah minuman populer yang menenangkan dan menyejukkan. Minuman ini dibuat dengan menyeduh jahe segar dalam air panas dan dapat dimaniskan dengan madu atau lemon.

2. Ginger Beer
Bir jahe adalah minuman non-alkohol yang dibuat dengan memfermentasi jahe, gula, dan air. Minuman ini memiliki rasa pedas dan menyegarkan dan sangat cocok untuk hari-hari di musim panas.

Baca Juga: Reza Rahadian Selalu Gagal Berhubungan dengan Mikha Tambayong dalam Serial Kawin Tangan

3. Ginger Lemonade
Limun jahe adalah minuman menyegarkan yang menggabungkan rasa lemon yang tajam dengan rasa pedas jahe. Minuman ini dibuat dengan mencampurkan jus lemon, sirup jahe, dan air.

4. Chai Tea
Teh chai adalah minuman populer India yang dibuat dengan menyeduh teh hitam dengan campuran rempah-rempah, termasuk jahe, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh.

5. Golden Milk
Meski namanya Golden Milk namun bukan berarti terbuat dari emas. Minuman adalah minuman hangat dan menenangkan yang dibuat dengan mencampurkan kunyit, jahe, dan rempah-rempah lainnya dengan susu. Minuman ini dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan sering dikonsumsi sebelum tidur.

Baca Juga: Ini Lho Wisata Bali Barat dengan Pesona Laut yang Menakjubkan, Mau Liburan ke Pulau Menjangan?

6. Smoothies
Jahe dapat ditambahkan ke dalam smoothies untuk memberikan rasa pedas. Cocok dipadukan dengan buah-buahan seperti nanas, mangga, dan pisang.

7. Ginger shots
Ginger shots atau wedang jahe Minuman jahe adalah jahe dalam dosis kecil dan pekat yang sering dicampur dengan bahan-bahan lain seperti lemon dan madu. Minuman ini diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu pencernaan.

7. Gingerbread
Roti jahe adalah kue manis dan pedas yang dibuat dengan jahe, kayu manis, dan molase. Kue ini sering disajikan selama musim liburan.

8. Stir-fries
Jahe adalah bahan yang umum digunakan dalam tumisan Asia. Ini cocok dipadukan dengan sayuran seperti brokoli, wortel, dan paprika.

9. Candied ginger
Manisan jahe adalah camilan manis yang dibuat dengan memasak jahe dalam sirup gula. Ini bisa dimakan sendiri atau digunakan sebagai topping untuk makanan penutup seperti es krim dan kue.

Singkatnya, jahe dapat digunakan dalam berbagai resep makanan dan minuman, mulai dari teh dan smoothie hingga tumisan dan makanan penutup.

Rasanya yang pedas dan aromatik menambah kedalaman dan kompleksitas pada banyak hidangan dan merupakan bahan yang populer di banyak budaya di seluruh dunia.

Berita Terkait TERKINI
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Tampilkan lebih banyak