3 Alasan Kue Putu Menggunakan Cetakan dari Bambu

Ternyata selain tradisi, penggunaan bambu untuk cetakan kue putu juga ada keunggulannya.

Caca Kartiwa
Kamis, 16 November 2023 | 15:00 WIB
ILUSTRASI. Tiga alasan mengapa kue putu menggunakan cetakan dari bambu (Unsplash/ William Manuel Son)

ILUSTRASI. Tiga alasan mengapa kue putu menggunakan cetakan dari bambu (Unsplash/ William Manuel Son)

Guideku.com - Seorang pengguna TikTok viral dan mendapat kritikan setelah menyatakan bahwa proses pembuatan kue putu dengan menggunakan bambu dianggap tidak bersih.

Netizen tersebut menyoroti penggunaan cetakan bambu oleh penjual kue putu, menyatakan bahwa metode tersebut kurang higienis.

Melalui video TikTok di akun @den_ahmadroyano di 24 Oktober 2023, akun tersebut menunjukkan momen pembelian kue putu gerobakan dan proses pembuatannya.

Baca Juga: Ada Kereta Gantung Bertema Pokemon di Singapura, Berapa Harga Tiketnya?

"Tradisi boleh aja sih, tapi kok gini amat ya cara bikin kuenya. Itu loh gak bisa cara lain ya? selain digituin ya? gimana gitu lihatnya," tulisnya dalam keterangan.

"Pake bambu lagi, gak ada cangkir apa? gak abis pikir," lanjutnya.

Video tersebut menjadi viral dan mendapat banyak kritik dari netizen dan diunggah ulang di akun Instagram @jakarta.keras.

Baca Juga: Lagi Patah Hati? Lebih Baik Berkunjung ke Tempat Wisata Keren Ini yang Ada di Bandung!

Selain karena menjadi tradisi, mengunakan cetakan bambu untuk membuat ke putu mempunyai keunggulan.

Berikut alasan mengapa kue putu menggunakan cetakan bambu, dilansir dari berbagi sumber:

1. Memberikan rasa dan aroma yang lebih otentik
Cetakan kue putu bambu memberikan rasa dan aroma yang lebih otentik pada kue putu.

Baca Juga: Cerita Unik Asal-usul Nama Burayot, Penganan Khas Garut yang Manis dan Legit

Hal ini karena bambu memiliki pori-pori yang dapat menyerap aroma dan memberikan rasa yang khas pada kue.

2. Menghasilkan tekstur yang lebih lembut
Cetakan kue putu bambu juga dapat menghasilkan tekstur kue yang lebih lembut dan empuk.

Hal ini karena bambu dapat menyerap kelembapan dan panas dengan baik, sehingga kue dapat matang secara merata dan tidak mudah keras.

Baca Juga: Event Seru November 2023 di Jakarta Seusai Konser Coldplay, Ada Joyland dan iKON World Tour

3. Ramah lingkungan
Cetakan kue putu bambu merupakan bahan alami yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Sementara itu, cetakan plastik dapat menimbulkan dampak negatif pada lingkungan jika tidak didaur ulang dengan benar.

Meskipun cetakan plastik dapat digunakan sebagai alternatif, penggunaan cetakan kue putu bambu dianggap lebih disukai karena memberikan rasa dan aroma yang lebih otentik, serta menghasilkan tekstur kue yang lebih lembut dan empuk.

Selain itu, penggunaan cetakan kue putu bambu juga lebih ramah lingkungan.

Berita Terkait TERKINI
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Tampilkan lebih banyak