Cara Minum Teh Bermanfaat untuk Tubuh, Simak Berikut Ini

Menurut Bimbi Mahesa menyeduh teh celup yakni jangan lebih dari tiga menit di dalam gelas, dan gunakan air dengan suhu 60-80 derajat celcius.

Hakim
Senin, 20 November 2023 | 14:29 WIB
Menurut Bimbi Mahesa menyeduh teh celup yakni jangan lebih dari tiga menit di dalam gelas, dan gunakan air dengan suhu 60-80 derajat celcius. (Pixabay)

Menurut Bimbi Mahesa menyeduh teh celup yakni jangan lebih dari tiga menit di dalam gelas, dan gunakan air dengan suhu 60-80 derajat celcius. (Pixabay)

Guideku.com - Pemilik Petik Tea Bar, Bimbi Mahesa membagikan cara menyeduh teh celup bagi yang ingin menikmatinya dan bermanfaat untuk tubuh.

Menurut Bimbi Mahesa menyeduh teh celup yakni jangan lebih dari tiga menit di dalam gelas, dan gunakan air dengan suhu 60-80 derajat celcius.

Selain kopi, Indonesia juga terkenal dengan produksi teh yang cukup mendunia. Konsumsi teh memiliki beberapa manfaat untuk tubuh.

Baca Juga: Mengenal Resep Autentik Sate Klatak Yogyakarta

Selain itu, teh juga memiliki tingkat kafein yang tidak setinggi kopi, sehingga masih aman di lambung.

"Tea blend atau teh celup, maksimal tiga menit dalam gelas, kalau sudah tiga menit angkat, kalau terlalu lama terlalu pekat, dan nggak bagus buat tubuh," kata Bimbi.

Dikatakan Bimbi teh celup yang sudah sekali dipakai masih bisa dipakai kembali 2-3 jam setelahnya.

Baca Juga: Trailer dan Sinopsis 'Monster', Film Thriller Tanpa Dialog Dibintangi Marsha Timothy

Namun, harus disimpan di wadah tertutup agar teh tidak teroksidasi dengan udara. Teh yang terlalu lama berada dalam gelas dengan kondisi suhu air yang panas, akan terasa terlalu pekat, dan mengakibatkan masalah pada ginjal.

Sebagai pelaku usaha yang bergelut di bisnis minum teh, Bimbi ingin mengedukasi masyarakat tentang berbagai macam teh yang bisa dipadukan dengan campuran seperti bunga, buah dan rempah.

"Kita targetnya dobrak kopi supaya asumsi teh bisa berubah, dan edukasi manfaat teh," kata Bimbi.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Tidak Ada Jam Dinding di Kamar Hotel

Petik Tea Bar yang berlokasi di Kuningan, Jawa Barat ini ingin menghilangkan persepsi masyarakat bahwa minum teh adalah kebiasaan orangtua, dan bukan sebagai minuman mahal.

Kedai teh ini juga menawarkan teh dengan kualitas yang baik mulai dari garde A sampai B dengan varian mocktail tea dan tea blend.

Usaha yang baru dirintis satu tahun ini berawal dari keresahannya karena tidak bisa ikut mengonsumsi kopi seperti teman-temannya, sebab ada masalah pada lambung.

Baca Juga: Basecamp Military Lifestyle, Wisata Kuliner dengan Nuansa Militer yang Instagramable di Bogor

Dari situ ia bersama tiga rekan lainnya ingin menjadikan teh sebagai alternatif opsi nongkrong yang sama asiknya seperti ngopi.

Tidak ingin setengah-setengah, Bimbi bersama rekan-rekannya melakukan riset yang cukup mendalam bersama para komunitas teh hingga mendatangkan konsultan teh selama lima bulan.

Hal tersebut, dilakukannya agar bisa mengerti seluk beluk teh Indonesia, dan cara penyajian yang terbaik agar berbeda dengan usaha teh yang sudah ada.

Menariknya di Petik Tea Bar ini, konsumen bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan peracik teh atau Baristea untuk mengetahui keinginan konsumen.

"Misalnya siang-siang mau dingin atau panas, kalau dingin ada varian mocktail tea, itu apa dijelasin, varian rasa apa, jadi interaksi itu yang akhirnya kita selalu ada sampai sekarang," katanya.

Beberapa menu yang disajikan di antara teh mocktail dengan campuran buah, seperti semangka, lemon hingga buah naga yang disajikan dingin.

Sedangkan untuk tea blend yang disajikan panas, Petik Tea Bar menggunakan empat jenis teh, yakni oolong, white tea, black tea, dan green tea, yang juga dikombinasikan dengan bunga seperti kamomil dan jasmin.

Harga teh yang dijual Petik Tea Bar berkisar Rp28 ribu-Rp33 ribu per gelasnya.

Berita Terkait TERKINI
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Tampilkan lebih banyak