Rasa Nostalgia di Toko Roti Tertua di Indonesia, Roti Go Purwokerto

Meski zaman terus berubah, Roti Go tetap mempertahankan daya tariknya, bahkan ketika persaingan dari bisnis-bisnis baru semakin gencar.

Caca Kartiwa
Senin, 04 Desember 2023 | 10:00 WIB
Salah satu produk Roti Go Purwokerto (Instagram/ @roti_go)

Salah satu produk Roti Go Purwokerto (Instagram/ @roti_go)

Guideku.com - Sebagai camilan, makanan berat, atau elemen utama dalam berbagai hidangan, roti selalu hadir sebagai teman setia pengisi perut dalam perjalanan waktu.

Konon, roti pertama kali diperkenalkan oleh orang Belanda ke Indonesia, dan sejak saat itu, budaya mengonsumsi roti semakin meresap dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Toko Roti Go di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, menjadi saksi bisu dari evolusi tersebut.

Berdiri sejak tahun 1898, toko roti ini telah melanglang buana selama 125 tahun, menjadikannya yang paling senior di antara toko roti lain yang masih beroperasi di Indonesia.

Roti Go didirikan oleh pasangan keturunan Tionghoa, Oei Pak Ke Nio dan suaminya, Go Kwe Ka, yang menjadi pionir dalam membuka toko roti di Purwokerto. Nama 'Go' sendiri diambil dari nama sang suami.

Kini, Rosani Wiogo, cucu dari pendiri toko dan suaminya, Pararto, mengelola dengan penuh dedikasi.

Meski ada klaim bahwa Toko Roti Go adalah toko roti pertama di Indonesia, namun sang pemilik enggan mengakui karena tidak adanya data pasti.

Dalam pengelolaannya, resep dan cita rasa roti tetap terjaga sejak dulu hingga kini, dengan proses pembuatan yang tradisional dan menggunakan tungku.

Tidak hanya menghadirkan kenangan lezat dari masa lalu, Roti Go menghadirkan beragam varian roti, mulai dari yang manis hingga asin, tradisional hingga inovatif. Pastry, cake, dan kue kering juga tersedia dalam ragam pilihan yang memanjakan lidah.

Walaupun berada di tengah arus toko roti modern, Roti Go terus tumbuh dan berkembang untuk tetap relevan dengan selera pasar. Keunikan dan keaslian rasa roti mereka menjadi daya tarik utama.

Toko yang berdiri kokoh ini mempertahankan suasana klasik dan sederhana, menciptakan pengalaman yang autentik bagi setiap pengunjungnya.

Meski zaman terus berubah, Roti Go tetap mempertahankan daya tariknya, bahkan ketika persaingan dari bisnis-bisnis baru semakin gencar.

Toko ini buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 7 malam. Bahkan ketika toko utama sedang istirahat, gerobak sederhana Roti Go tetap hadir untuk memastikan bahwa setiap pelanggan dapat menikmati potongan kenangan lezat di setiap kesempatan.

Alamat Toko Roti Go terletak di pusat kota Purwokerto, Jl. Jend. Sudirman, Purwokerto Wetan, Kec. Purwokerto.

Berita Terkait TERKINI
Mau bikin nasi kebuli untuk disajikan pada Hari Raya Idul Fitri? Berikut resepnya....
food | 10:00 WIB
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Tampilkan lebih banyak