Stay

Aorus, Resor Palsu di Sudan, TKP Operasi Intelejen Israel Mossad

Dikenal sebagai penginapan, tak dinyana resor ini merupakan tempat operasi Mossad.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

Ilustrasi Resort (Unsplash)
Ilustrasi Resort (Unsplash)

Guideku.com - Berisi 15 unit penginapan, sebuah resor di Sudan ternyata merupakan tempat penginapan para pengungsi Yahudi yang bermukim di Ethiopia pada medio tahun 1980.

Resor yang berada di pesisir Laut Merah, Sudan tersebut menjadi lokasi operasi yang dilaksanakan agen intelejen Israel, Mossad.

Operasi tersebut merupakan titah dari Perdana Menteri Israel kala itu, Menachem Begin untuk menyelamatkan kaum Yahudi Ethiopia dari persekusi berdarah yang meletus tahun 1977.

Berjalan sejak tahun 1981 hingga 1985, operasi tersebut bahkan berhasil disembunyikan dengan rapi dari penduduk setempat dan pemerintah Sudan.

Tempat penginapan tersebut bernama resor Aorus, warga lokal mengenalnya sebagai tempat penginapan milik orang Eropa yang mempekerjakan warga sekitar.

Cetak layar resor Aorus dalam sebuah majalah (Business Insider)
Cetak layar resor Aorus dalam sebuah majalah (Business Insider)

 

Di sekitarnya, terhampar lautan dengan lanskap menawan dan berisi ribuan ikan-ikan kecil.

Beberapa pengungsi Yahudi diselundupkan ke dalam resor tersebut selama beberapa waktu secara perlahan.

Mereka diselundupkan betapapun tamu resor lain datang silih berganti macam pasukan SAS Inggris, diplomat asing dan pejabat pemerintahan Sudan.

Para agen Mossad akan menyelundupkan para pengungsi Yahudi ke resor tersebut lantas kemudian memindahkan mereka ke sebuah kamp pengungsian tak jauh dari resor Aorus.

Selang beberapa tahun saat operasi tersebut nyaris ketahuan, pemerintah Israel memutuskan mengirim jet khusus untuk mengangkut kaum Yahudi Ethiopia ke Israel.

Tercatat, para agen Mossad mengevakuasi sekitar 7.000 kaum Yahudi Ethiopia ke Israel.

Berita Terkait

Berita Terkini