Stay

Asyiknya Menginap di Hotel Bus saat Wisata ke Belitung dan Toba

Bus-bus lama Damri akan diubah menjadi laiknya hotel berjalan.

Dany Garjito

Ilustrasi Bus (Pixabay/leversandpulleys)
Ilustrasi Bus (Pixabay/leversandpulleys)

Guideku.com - Gagasan untuk berjalan-jalan tanpa tinggal di bangunan tetap untuk bermalam sudah dimulai sejak zaman dulu. Para wisatawan menyulap kendaraan pribadi, biasanya jenis van, termasuk Volkswagen (VW) Combi untuk dijadikan 'rumah berjalan'.

Kekinian, beberapa penyuka modifikasi juga membeli bus usang untuk diubah menjadi rumah sementara. Tentunya direstorasi dengan citarasa pribadi, merunut keinginan si empunya. Mulai ruang tamu, tempat tidur, sampai dapur tersedia.

Di Indonesia, minat dan niat serupa juga muncul. Salah satunya dari Perusahaan Umum Damri (Perum Damri). Perusahaan yang bergerak di bidang transportasi massa bus umum ini siap mengalihfungsikan bus-bus bekas milik mereka.

Dilansir Guideku.com dari Suara.com, Setia N. Milatia Moemin, Direktur Utama Perum Damri, memaparkan, bus-bus lama Damri akan diubah menjadi laiknya hotel berjalan, lengap dengan tempat bermalam, lemari es, lemari pakaian, serta dilengkapi pendingin ruangan.

Untuk tahapan awal, kawasan wisata pantai dengan bebatuan granit terkenal kebanggaan Indonesia, Bangka Belitung, menjadi lokasi beroperasinya bus wisata keren ini.

''Di Belitung, akan ada 70 unit bus siap dijadikan hotel,'' paparnya di pool Damri Kemayoran, Jakarta, Senin (26/11/2018).

''Nilai investasinya sekitar Rp 300.000 per unit. Bandingkan dengan pembuatan kamar hotel bintang empat yang mencapai Rp 500 jutaan per kamar.''

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut, bahwa bus hotel memang sangat dibutuhkan di berbagai destinasi tempat wisata. Ia menyatakan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi perombakan bus bekas milik Perum Damri untuk dijadikan sarana akomodasi wisatawan.

''Karena di tempat-tempat seperti di Belitung, dan Danau Toba membutuhkan hotel-hotel yang moveable. Bisa ditempatkan di mana-mana, dan kebutuhan pengadaan ini sangat mendesak. kami menunjuk dua tempat, Belitung dan Toba. Bila Damri memiliki 10 unit, bakal terserap dengan baik,‎'' pungkasnya.

Jadi nantikan saja, pelesir ke Belitung maupun Danau Toba bakal menghadirkan sensasi berbeda, dengan tinggal di bus yang didesain bak hotel. Pasti seru karena kondisinya yang moveable.

Kamu siap travel lovers?

SUARA.com/Achmad Fauzi

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Seru, Wisata ke Belitung dan Toba bakal Menginap di Hotel Bus

Berita Terkait

Berita Terkini