Travel

Tresna Art Gallery, Wisata Budaya di Madura

Liburan di Madura tetap bisa dilakukan meski dengan waktu yang terbatas.

Dany Garjito

Tresna Art Gallery tresnaart.com
Tresna Art Gallery tresnaart.com

Guideku.com - Menjelajahi Madura dalam sehari mungkin tidak mungkin, tapi jika kamu tetap mau liburan sambil mengenal budaya Madura dengan waktu yang terbatas, kamu bisa pertimbangkan mengunjungi tempat wisata di Madura ini.

Namanya adalah Tresna Art Gallery yang berada di Jalan K.H Moh Kholil XII/29 Bangkalan, Madura. 

Seperti dilansir dari Suara.com, untuk menuju ke Tresna Art Gallery relatif mudah.

Dari Surabaya, kamu bisa menuju Jembatan Suramadu yang membelah Selat Madura dan tiba di kota Bangkalan, sebuah gerbang masuk ke Pulau Madura.

Alternatifnya, naik kapal feri dari pelabuhan Tanjung Perak menuju Kamal, sekitar 10 kilometer dari Bangkalan.

Tresna Art Gallery Suara.com/ukirsari
Tresna Art Gallery [Suara.com/ukirsari]

Perjalanan yang membutuhkan waktu setengah jam setelah melintas Selat Madura, kamu sudah sampai di Tresna Art Gallery. Jalan masuknya serupa gang sempit yang cukup panjang, berbatas tembok dengan bagian atas dipercantik piring-piring tembikar.

Di halaman butik terdapat beberapa gentong yang dimanfaatkan sebagai penghias taman. Bukan sembarang gentong, karena ditambah aksen batik-batik yang menyelubungi gentongnya.

Ternyata gentong dengan hiasan kain batik ini melambangkan cara membuat "batik gentongan", salah satu teknik membatik khas Madura.

Kalau sudah melewati serambi dengan sajian kopi racikan tuan rumah serta kudapan pisang rebus, kamu akan sampai di ruang pamer batik tulis Madura, tempat bermain congklak, serta ruang penyedia suvenir. 

Dari sini, kamu akan melihat lorong bercat merah, khas Madura, yang akan membawamu ke halaman samping. Spot inilah yang menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto. 

Batik Tresna Art Gallery [Suara.com/ukirsari]

Foto: Peraduan tradisional Madura berornamen di Tresna Art [Suara.com/ukirsari]

Selain itu ada rumah kayu khas Madura, yang lengkap dengan ruang tamu dan peraduan berukir bisa dijadikan latar foto.  Lalu ada juga mushala tempat beribadah, beberapa tanaman bonsai dan pohon salak, hingga miniatur becak.

Bagi kamu pecinta kuliner, jangan lewatkan untuk mencicipi rujak cingur, ada penjaja yang siap menyiapkan bumbu dan meracik rujak cingur sesuai pesanan. 

Masih kurang kenyang? Langsung aja menuju ruang suvenir yang juga tersedia camilan khas untuk oleh-oleh atau dinikmati di tempat. Seperti emping, rengginang, goreng lorjuk (semacam kerang bambu), sampai keripik gayam.

Konsep one stop visit yang dikembangkan Tresna Art Gallery ini cukup membantu wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mengenal lebih dekat budaya Madura, walaupun punya waktu yang terbatas selama di Madura.

Di Tresna Art Gallery ini kamu akan menjumpai berbagai budaya batik tulis khas Madura seperti diantaranya batik tulis Tanjung Bumi, batik tulis Genthongan, batik tulis Pamekasan, batik tulis Sumenep dan masih banyak lagi.

SUARA.com/RR Ukirsari Manggalani

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Ingin We-fie Budaya Madura? Datang Saja ke Sini

Berita Terkait

Berita Terkini