Travel

Keren, 5 Tempat Wisata Ini Dilewati Api Obor Asian Games 2018

Api Obor Asian Games 2018 diarak keliling Indonesia dari Sabang sampai Merauke, melewati beberapa destinasi wisata lho. Kamu kapan ke sini?

Rendy Adrikni Sadikin | Arendya Nariswari

Raja Ampat, Papua/Instagram @ayodolan.
Raja Ampat, Papua/Instagram @ayodolan.

Guideku.com - Pesta olahraga terbesar Asian Games 2018 akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus-2 September 2018. Rangkaian acara yang menjadi salah satu sorotan dunia adalah Kirab Obor Asian Games 2018 yang diselenggarakan melewati beberapa kota di Indonesia.

Setelah prosesi penyatuan api dari New Delhi dan Mrapen di Prambanan, Obor Asian Games 2018 dikirab melalui 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi, dari Sabang sampai Merauke. Tak hanya itu, Obor Asian Games dibawa selama 30 hari oleh beberapa menteri, atlet hingga artis Indonesia secara bergantian.

Obor ini nantinya akan menjadi sumber api Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Melalui perjalanan cukup panjang, berikut deretan destinasi wisata yang jadi saksi singgahnya Obor Asian Games 2018 yang telah dirangkum oleh Guideku.com, (20/7/18) dari berbagai sumber.

1. Candi Prambanan, 18 Juli 2018

Candi Prambanan/Instagram @sandal_gunung.
Candi Prambanan/Instagram @sandal_gunung.

Destinasi wisata Candi Prambanan merupakan lokasi yang menjadi saksi sejarah dikawinkannya api dari New Delhi dan Mrapen. Sebelum memulai perjalanannya, Api Obor Asian Games sempat bermalam di Kraton Yogyakarta 18 Juli 2018.

2. Gunung Bromo,  21 Juli 2018

Gunung Bromo/Instagram @explorealamindonesia.
Gunung Bromo/Instagram @explorealamindonesia.

Keindahan Gunung Bromo juga menjadi saksi sejarah dibawanya Api Obor Asian Games 2018. Pemandangan alam Bromo telah lama menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara. Nggak heran, tempat wisata ini selalu ramai pengunjung meskipun bukan di musim liburan.

3. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana/Instagram @gwkbali.
Garuda Wisnu Kencana/Instagram @gwkbali.

Garuda Wisnu Kencana menjadi salah satu tempat singgah Api Obor Asian Games 2018 setelah dikirab keliling Bali oleh aktor Hamish Daud Wyllie. Ditargetkan akan menjadi patung tertinggi di dunia setelah Spring Temple di China, Garuda Wisnu Kencana ini juga selalu jadi destinasi wajib para wisatawan yang berlibur ke Bali lho.

4. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat, Papua/Instagram @timlaman.
Raja Ampat, Papua/Instagram @timlaman.

Dibawa oleh aktris dan presenter cantik Nadine Chandrawinata, Api Obor Asian Games 2018 akan menyelam melewati lautan Pianemo di Raja Ampat, Papua. Pesona pulau dan alam bawah laut Raja Ampat memang sudah tak perlu diragukan lagi. Tempat wisata ini bahkan didaulat sebagai spot diving idaman para wisatawan dari seluruh dunia.

5. Tanjung Bira, Makassar

Tanjung Bira, Makassar/Instagram @like_makassar.
Tanjung Bira, Makassar/Instagram @like_makassar.

Memiliki alam bawah laut dan pantai pasir putih yang tak kalah indah dengan Raja Ampat, Tanjung Bira juga menjadi tempat singgah Api Obor Asian Games 2018 lho. Tanjung Bira ini terletak di kabupaten Bulukumba yang berjarak 200 km dari kota Makassar. Tak seperti pantai pasir putih pada umumnya, pasir putih di Tanjung Bira terkenal memiliki tekstur yang sangat halus.

Berita Terkait

Berita Terkini