17 Barang yang Wajib Kamu Bawa Kalau Mau Backpackeran

Guideku.com memberikan referensi barang-barang yang wajib kamu bawa kalau mau backpackeran, berikut diantaranya!

Dany Garjito
Selasa, 24 Juli 2018 | 10:20 WIB
Barang yang Wajib Kamu Bawa Kalau Mau Backpackeran Photo by Jakob Owens on Unsplash

Barang yang Wajib Kamu Bawa Kalau Mau Backpackeran Photo by Jakob Owens on Unsplash

Guideku.com - Kalau mau backpackeran, kamu harus siap sedikit lebih ribet. Beda dengan bila kamu liburan dengan menggunakan jasa agen travel, liburan ala backpacker menuntut kamu untuk lebih mandiri dan siap dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Maka dari itu sebelum menjalani liburan ala backpacker, kamu wajib menyiapkan dan membawa barang-barang ini.

Guideku.com memberikan referensi barang-barang yang wajib kamu bawa kalau mau backpackeran, berikut diantaranya!

Baca Juga: Nggak Perlu Berlibur ke Inggris, di Bali Ternyata Ada Stonehenge

1. Botol air minum
Nggak lucu kalau saat kamu backpackeran, kamu harus dibawa ke rumah sakit karena dehidrasi. Makanya botol air minum wajib kamu bawa.

2. Botol air UV
Nah, kalau lokasi tujuan liburan backpackeran kamu ada di pelosok, misal di hutan, kamu bisa pilih bawa botol air UV. Dengan botol air UV ini kamu bisa menyaring air yang sejatinya tidak layak minum jadi lebih higienis.

3. Travel WiFi
Kalau kamu butuh sinyal internet ketika sedang backpackeran di tempat yang susah sinyal, pakau travel WiFi menjadi pilihan tepat. Sudah banyak kok jasa penyedia sewa travel WiFi di Indonesia yang bisa dipakai backpacker ke luar negeri.

Baca Juga: 9 Beach Club Bali Murah 2018, Karena Asyik Nggak Harus Mahal!

4. Kamera
Kamera juga wajib dibawa, apalagi bagi kamu yang doyan fotografi. Ibaratnya, kamera adalah senjatamu, kalau nggak bawa, kamu bisa mati kutu di lokasi tujuan liburan backpacker.

5. Packing cubes organizer
Bawa koper besar dan tak ingin barang-barang seperti sabun cair tumpah dan mengotori baju. Cegah potensi masalah itu dengan mengemas barang-barang yang kamu inginkan ke beberapa packing cubes organizer biar rapi dan nggak nyampur dengan barang lain.

6. Headphones
Headphones bisa kamu gunakan untuk mendengarkan petunjuk jalan dari fitur Google Maps atau mendengar cara pengucapan bahasa asing dari Google Translates.

Baca Juga: Info Lengkap Oneeighty Bali, Mulai Harga Masuk sampai Harga Menu

Di samping itu, tentu headphones digunakan untuk mendengarkan musik saat kamu bosan di kereta atau bus.

7. Power Bank tenaga surya
Baterai ponsel habis dan tidak tersedia charging dock di lokasi tujuan kemungkinannya sangat besar terjadi ketika kamu liburan ala backpacker. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk membawa power bank tenaga surya.

8. Sunglasses

Baca Juga: Namaaz Dining, Restoran dengan Menu Unik di Jakarta Selatan

Barang yang Wajib Kamu Bawa Kalau Mau Backpackeran Photo by Mink Mingle on Unsplash
Barang yang Wajib Kamu Bawa Kalau Mau Backpackeran Photo by Mink Mingle on Unsplash

Sunglasses juga perlu nih kamu bawa. Bukan untuk gaya-gayaan, tapi lebih untuk melindungi mata kamu dari pancaran sinar matahari berlebihan yang bisa mengganggu kesehatan mata.

9. Tabir surya
Selain mata yang harus dijaga, kulit juga jangan disepelekan. Kulit yang terpapar sinar matahari langsung secara berlebihan bisa meningkatkan potensi kanker kulit. Hati-hati ya!

10. Alat pemotong kuku
Meskipun liburan ala backpacker, kebersihan kuku juga tetap harus dijaga. Kuku yang kotor bisa menjadi sumber kuman, apalagi saat sebelum makan kamu tidak cuci tangan, siap-siap saja kamu sakit perut kalau sudah begitu.

11. Sandal dan sepatu cadangan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, liburan ala backpacker ini kamu harus siap dengan segala kemungkinan, entah itu yang baik, apalagi yang buruk.

Maka sebaiknya kamu bawa sandal dan sepatu cadangan agar kamu tidak liburan dengan telanjang kaki kalau misalnya sepatu kamu hilang.

12. Pisau serba guna
Pisau serba guna juga jangan sampai ketinggalan, misalnya bawa pisau Swiss Army yang relatif lengkap, ada obeng, pisau, gunting, dan sebagainya.

13. Senter
Bawa senter, apalagi kalau lokasi tujuan liburan ala backpackermu ada di hutan atau tempat wisata alam yang masih asri dan jauh dari sumber penerangan atau listrik. Percayalah, senter ini bisa menyelamatkanmu dari bahaya.

14. Pakaian traveling
Pakaian travleing di sini maksudnya lebih ke jaket anti air, sarung tangan, topi, dan sebagainya. Jaket nggak hanya bisa menjagamu tetap hangat, tapi juga bisa melindungi kulit dari sengatan matahari secara langsung.

15. P3K
Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) wajib banget kamu bawa. Apalagi bagi kamu yang punya riwayat kesehatan yang mengharuskanmu minum obat-obatan tertentu.

16. Makanan ekstra
Makanan ekstra bisa dimanfaatkan bila stok makananmu yang udah kamu rencanakan untuk beberapa hari sudah habis duluan. Pilih makanan ekstra yang mudah dibawa dan memiliki tanggal kadaluwarsa yang relatif masih lama.

17. Camilan berenergi
Camilan berenergi bisa kamu manfaatkan ketika kamu enggan untuk makan besar tapi tetap harus mempertahankan energimu untuk sesuatu yang ingin kamu raih.

Semangat dan tetap hati-hati selama liburan ala backpacker ya!

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak