Nggak Cuma Taman Sari, Indonesia Juga Punya Water Palace di Bali

Tak hanya Taman Sari di Yogyakarta, Indonesia ternyata juga punya water castle di Bali yang bernama Taman Sukasada Ujung.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari
Selasa, 24 Juli 2018 | 20:21 WIB
Taman Sukasada Ujung/Instagram @dhimasheri

Taman Sukasada Ujung/Instagram @dhimasheri

Guideku.com - Sebagai pulau yang digemari oleh para wisatawan lokal dan mancanegara, Bali tak henti-hentinya menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Semuanya ada, mulai dari wisata bersejarah hingga wisata belanja. Buat kalian yang hobi wisata ke tempat-tempat bersejarah, kalian wajib datang ke water palace yang satu ini, namanya Taman Sukasada Ujung.

Taman Sukasada Ujung merupakan sebuah istana air yang dibangun pada tahun 1919 atas prakarsa dari Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Arsiteknya sendiri adalah orang asli Belanda bernama Van Den Hentz dan orang asli Tiongkok bernama Loto Ang.

Taman Soekasada Ujung/Instagram @jpmpbali
Taman Sukasada Ujung/Instagram @jpmpbali

Memiliki bentuk arsitektur yang unik, bangunan ini ternyata juga melibatkan seorang arsitek adat Bali yang sering disebut Undagi. Selesai dibangun pada tahun 1921, di tahun 1937, Taman Ujung diresmikan dengan adanya sebuah prasasti dari marmer yang bertuliskan naskah berbahasa Melayu dan Bali.

Baca Juga: 7 Hotel Bambu di Bali yang Mewah plus Info Harga Menginap di Sana

Saat ini Taman Sukasada Ujung resmi menjadi Cagar Budaya yang dilindungi oleh negara. Taman Sukasada Ujung dijuluki water castle karena bangunan ini tadinya merupakan istana peninggalan Kerajaan Karangasem yang dikelilingi oleh taman air.

Taman Soekasada Ujung/Instagram @ramenow
Taman Sukasada Ujung/Instagram @ramenow

Pada awalnya, Taman Sukasada Ujung memiliki luas wilayah kurang lebih sebesar 400 hektare. Namun karena pengaruh kebijakan Reformasi Agraria, saat ini Taman Sukasada luasnya hanya tinggal 10 hektar.

Memiliki corak khas Kerajaan Karangasem, situs bangunan peninggalan bersejarah ini masih kokoh berdiri. Saat ini Taman Sukasada Ujung menjadi destinasi wisata bersejarah yang ramai dikunjungi para turis. Tak hanya berfoto-foto, di sini para pengunjung juga bisa bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan alam sekitar yang masih asri.

Baca Juga: 17 Barang yang Wajib Kamu Bawa Kalau Mau Backpackeran

Untuk menikmati indahnya Taman Sukasada Ujung, kalian hanya cukup membayar tiket masuk dengan harga Rp 15.000 saja untuk per orang. Cukup murah bukan? Taman Sukasada Ujung buka mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan 17.00 WITA setiap hari Senin-Sabtu.

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak