Travel

Miris, Beruang Kutub Ini Tewas Tertembak Akibat Tur Pesiar!

Traveling sih traveling, tapi jangan seperti ini dong. Beruang ini sampai menjadi korban.

Rendy Adrikni Sadikin | Amertiya Saraswati

Beruang Kutub Tewas Akibat Tur Pesiar (pixabay)
Beruang Kutub Tewas Akibat Tur Pesiar (pixabay)

Guideku.com - Tur pesiar di sekitar lingkar Kutub Utara tampaknya tengah menjadi tren belakangan ini. Bagi para traveler, bisa berkunjung ke daerah kutub pastinya merupakan pengalaman yang berkesan dan bisa dibilang “wah banget!”.

Namun, baru-baru ini, tur yang menggunakan kapal pesiar bernama MS Bremen malah berakhir membawa korban. Tidak tanggung-tanggung, tur ini telah membuat seekor beruang kutub tewas tertembak.

Kejadian tersebut terjadi kala kapal pesiar MS Bremen merapat di bagian utara kepulauan Svalbard, daerah antara Norwegia dan Kutub Utara yang cukup terpencil dan dihuni beruang kutub.

Dilansir dari Sydney Morning Herald, beruang kutub ini rupanya menyerang salah satu guard yang bertugas melindungi turis, sehingga rekannya pun terpaksa menembak mati si beruang dan mengklaimnya sebagai aksi 'melindungi diri'.

Beruang Kutub Tewas Akibat Tur Pesiar (Sydney Morning Herald)
Beruang Kutub Tewas Akibat Tur Pesiar (Sydney Morning Herald)

Meski sebagai perlindungan diri, kejadian ini telah membuat tren tur pesiar di kutub mendapat kritikan tajam.

Bukan hanya mahal, tur pesiar macam ini sebenarnya memiliki dampak buruk bagi ekosistem kutub. Kapal-kapal pesiar mewah ini dapat membuat es kutub semakin rusak dan mencair.

Beruang Kutub dan es yang mencair (pixabay)
Beruang Kutub dan es yang mencair (pixabay)

Jadi, bukan hanya kematian beruang kutub ini saja, nyawa hewan-hewan lain yang tinggal di sana bisa ikut terancam lho, guys! Padahal, mereka ini sudah dikategorikan sebagai spesies yang rentan menghadapi kepunahan.

Tidak hanya itu, nyawa kita sebagai traveler pun juga bisa terancam jika serangan macam ini terjadi lagi.

Traveling memang asyik, tapi jangan sampai merugikan diri sendiri, hewan-hewan, dan lingkungan di sekitar kita, ya! Ingat, kita tidak sendiri lho di Bumi ini!

Berita Terkait

Berita Terkini