Travel

5 Kota Ramah Sepeda yang Wajib Kamu Kunjungi

Dijamin aman berkeliling kota, para goweser wajib kunjungi kota-kota ini nih!

Dinar Surya Oktarini | Aditya Prasanda

Ilustrasi kota ramah sepeda (Bikabout)
Ilustrasi kota ramah sepeda (Bikabout)

Guideku.com - Hari ini, tidak sedikit orang menyadari begitu banyaknya manfaat bersepeda bagi tubuh. Selain menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, bersepeda juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan otot dan membakar banyak kalori.

Bahkan sebuah survei terbaru mengungkapkan bahwa: di masa depan, akan semakin banyak masyarakat yang menjadikan sepeda sebagai moda transportasi utama.

Hal ini ditenggarai semakin meningkatnya kesadaran bahwa aktivitas bersepeda tak hanya baik bagi tubuh namun juga bagi lingkungan.

Beruntung banyak kota di dunia menyadari pentingnya manfaat ini dan memberikan akses yang begitu besar bagi para pesepeda.

Nah, buat kamu para goweser dan pecinta sepeda, berikut Guideku.com sajikan lima kota ramah sepeda yang wajib kamu kunjungi:

1. Kopenhagen, Denmark

Kopenhagen, Denmark (Flickr)
Kopenhagen, Denmark (Flickr)

Kopenhagen dianggap sebagai salah satu kota paling sehat di dunia.

Lalu lintasnya yang tertata apik dan jauh dari semrawut membuat kota ini menjadi kota paling ramah bagi para pengendara, termasuk para pesepeda.

Banyak anak muda dan para pekerja menggunakan sepeda sebagai moda transportasi mereka.

Kota Kopenhagen bahkan memiliki jalur sepeda yang membentang sejauh 242 mil dan menghubungkan kota Kopenhagen dengan Albertslund. Jalur itu disebut 'Cycle Super Highway'.

2. Amsterdam, Belanda

Amsterdam, Belanda (Iamsterdam)
Amsterdam, Belanda (Iamsterdam)

Amsterdam tercatat memiliki 800.000 sepeda, jumlah yang nyaris sama dengan total penduduk 'kota dengan lalu lintas tersibuk di Eropa' ini.

Penduduk Amsterdam menggunakan sepeda untuk mengantar dan menjemput anak mereka di sekolah, membeli bahan makanan, bekerja dan tentu berjalan-jalan mengelilingi kota.

Aktivitas berkendara yang mayoritas didominasi sepeda membuat para wisatawan di kota Amsterdam memasukkan kegiatan bersepeda sebagai aktivitas wisata wajib di kota ini.

3. Portland, Amerika Serikat

Portland, AS (Wikimedia)
Portland, AS (Wikimedia)

Portland sepertinya bisa mewakili wajah lain dari Amerika Serikat yang padat dengan kendaraan bermotor.

Otoritas sepeda setempat, Portland Bureau of Transportation selalu melakukan perbaikan demi membantu penduduk dan wisatawan.

Banyak kebijakan yang berpihak bagi para pesepeda selain tentunya jumlah jalur pesepeda di kota ini yang begitu banyak.

Kota ini juga menerapkan skema berbagi sepeda di tengah kota. Skema ini memungkinkan setiap orang menyewa sepeda dengan kualitas terbaik dilengkapi dengan 'GPS real time' seharga 2,5 dollar AS atau setara Rp 35.000.

4. Montreal, Kanada

Montreal, Kanada (Momentummag)
Montreal, Kanada (Momentummag)

Bersepeda merupakan aktivitas berkendara yang paling populer di Montreal.

Bahkan di musim dingin, pemerintah setempat akan membersihkan salju dari jalur sepeda, jauh lebih cepat ketimbang jalur kendaraan bermotor.

Kota ini memiliki jalur sepeda yang membentang sejauh 373 mil.

Selain itu, otoritas setempat juga memiliki rambu lalu lintas yang begitu banyak demi menjamin keselamatan para pesepeda.

Bahkan setiap minggunya, parade sepeda 'Go Bike Montreal Festival' diadakan untuk menyambut para pecinta sepeda di kota ini.

5. Tokyo, Jepang

Tokyo, Jepang (Tokyobike)
Tokyo, Jepang (Tokyobike)

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengelilingi kota Tokyo selain dengan bersepeda.

Perlu diingat kota ini merupakan salah satu kota tersibuk di dunia.

Namun banyak penghuni Tokyo memilih menggunakan sepeda untuk beraktivitas sebab begitu berlimpahnya akses bersepeda di kota ini.

Berita Terkait

Berita Terkini