Travel

Deretan Destinasi Rafting yang Memacu Adrenalin di Tanah Jawa

Pecinta wisata ekstrem, wajib banget coba!

Tinwarotul Fatonah | Arendya Nariswari

Deretan Destinasi Rafting yang Memacu Adrenalin di Tanah Jawa. (Instagram/@magelanggayeng)
Deretan Destinasi Rafting yang Memacu Adrenalin di Tanah Jawa. (Instagram/@magelanggayeng)

Guideku.com - Tak hanya foto-foto, sebagian besar travelers pasti punya ketertarikan terhadap wisata ekstrem yang memacu adrenalin bukan? Bagi yang belum pernah mencoba wisata rafting, kalian wajib mencobanya travelers.

Nggak perlu khawatir, bagi kamu yang masih baru ada beberapa alternatif jalur sungai dengan arus yang tidak terlalu deras kok travelers.

Melewati arus sungai dengan bersenjatakan dayung dijamin bikin liburanmu semakin berkesan. Ditambah dengan suara gemericik derasnya air sungai dan pemandangan yang eksotis, pasti bikin kamu ketagihan deh travelers.

Bagi kamu yang penasaran, Guideku.com punya referensi spot arung jeram di wilayah Jawa yang oke banget buat liburan kamu nih. Yuk, intip deretan infonya di bawah ini.

1. Sungai Elo

Sungai Elo di Magelang. (Instagram/@puesieks)
Sungai Elo di Magelang. (Instagram/@puesieks)

Sungai yang satu ini terkenal dengan airnya yang super jenih travelers. Destinasi wisata rafting ysang satu ini memiliki titik tolak Jembatan Blondo dengan titik akhir di Desa Mendut.

Bagi yang sedang mengunjungi destinasi wisata Magelang, Sungai Elo bisa jadi salah satu referensi liburan akhir tahun kamu nih, travelers.

Kalau beruntung kamu juga bisa bertemu dengan satwa kura-kura dan kadal yang sedang berenang lho. Lucu banget kan, travelers?

2. Sungai Ciberang

Sungai Ciberang di Lebak. (Instagram/@bintangjuris)
Sungai Ciberang di Lebak. (Instagram/@bintangjuris)

Sungai Ciberang ini terkenal dengan jeramnya yang berjumlah cukup banyak. Bebeda dari sungai yang lain, destinasi rafting ini punya sumber air panas di wilayah hilir lho travelers.

Jadi bagi kalian yang kelelahan setelah rafting bisa banget nih berendam air hangat sejenak di sini.

Nggak perlu takut kelaparan, di sekitar Sungai Ciberang terdapat berbagai fasilitas mulai dari restoran hingga pesanggrahan. Cukup menarik kan, travelers?

3. Sungai Citarik

Sungai Citarik di Sukabumi. (Instagram/@alvin_sogat2)
Sungai Citarik di Sukabumi. (Instagram/@alvin_sogat2)

Masih dari wilayah Jawa Barat, sungai yang satu ini nggak boleh kamu lewatkan. Memiliki arus yang cukup deras, Sungai Citarik ini populer di kalangan pecinta rafting.

Memiliki rute berjarak kurang lebih 18 km, kalian harus menempuh perjalanan dari titik tolak menuju titik akhir selama 3-4 jam.

Jangan salah tavelers, Sungai Citarik ini menjadi langganan lomba arung jeram nasional lho. Keren bukan?

4. Sungai Cicatih

Sungai Cicatih di Sukabumi. (Instagram/@visitsukabumi)
Sungai Cicatih di Sukabumi. (Instagram/@visitsukabumi)

Ingin merasakan roller coaster alam yang sesungguhnya? Di Sungai Cicatih Sukabumi jawabannya. Lusinan jeram yang memacu adrenalin dijamin bikin jantung kamu serasa mau copot.

Terkenal memiliki area arung jeram yang luas, kamu bisa merasakan serunya meluncur cepat naik perahu karet.

Untuk menikmati rafting di tempat ini, teman travelers disarankan untuk menyempatkan waktu seharian karena durasi perjalananya yang cukup lama.

Yup, rafting di Sungai Cicatih ini akan memakan waktu perjalanan kurang lebih 4-5 jam. Menantang banget kan travelers?

5. Sungai Pekalen

Sungai Pekalen di Probolinggo. (Instagram/@explore.bali.eastjava)
Sungai Pekalen di Probolinggo. (Instagram/@explore.bali.eastjava)

Soal pemandangan alam yang eksotis, Sungai Pekalen sudah tidak perlu diragukan lagi. Lokasi rafting yang satu ini terkenal dengan pemandangan ciamiknya yang membuat wisatawan terpana.

Terletak di wilayah Probolinggo, Jawa Timur, kalian rugi kalau nggak mampir ke sini.

Sungai Pekalen ini dikelilingi oleh tujuh danau, perkebunan teh Andung Biru dan dan Mata Air Ranu Segaran. Dijamin deh, tempat yang satu ini benar-benar destinasi wisata yang memanjakan mata dan pikiran kamu.

Berita Terkait

Berita Terkini