Travel

Hujan Ikan di Utah Amerika Serikat, Ternyata Ini yang Terjadi

Seperti apa sih hujan ikan di Utah? Yuk simak.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

Ilustrasi ikan (Pixabay)
Ilustrasi ikan (Pixabay)

Guideku.com - Ribuan ikan jatuh dari langit. Ikan-ikan itu mendarat di perairan danau Utah, Amerika Serikat, terbang bersama angin dan cuaca cerah agaknya membuat kita mudah mengernyitkan dahi, bagaimana bisa hujan terjadi, berisi ikan pula?

Ternyata fenomena buatan ini santer digalakkan pemerintah Utah. Mereka menyebutnya 'extreme fish stocking' atau pengadaan stok ikan secara ekstrem.

Tujuannya yakni untuk mengembalikan populasi ikan trout di perairan Utah.

Bagi para mancing mania, Utah selama ini dikenal sebagai destinasi memancing terbaik di Amerika Serikat. Alhasil, demi mengimbangi aktivitas masif tersebut pemerintah setempat menyetok ikan trout dalam jumlah besar di perairan Utah.

Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan wisata para pemancing namun juga untuk membuat ekosistem perairan Utah tetap seimbang.

Ikan trout (Fremount Rivers Guide)
Ikan trout (Fremount Rivers Guide)

Tradisi ini sudah berlangsung sejak berabad lalu. Jika dahulu kuda-kuda dikerahkan untuk menarik tong-tong berisi ikan ke sekitar 200 danau di seantero Utah. Maka hari ini dengan kecanggihan teknologi, pemerintah setempat cukup mengerahkan awak pesawat untuk menyetok ribuan ikan di perairan Utah.

Utah Division of Wildlife Resources (Utah DWR) sebuah divisi sumber daya alam liar di negara bagian berpenghuni 2 juta penduduk tersebut mengunggah video proses pengadaan stok ikan secara ekstrem itu.

''Di area danau pegunungan Utah, kami melakukan pengisian stok ikan dari udara. Ikan-ikan itu berukuran sangat kecil, sekitar 2,5 hingga 7,5 centimeter. Dapat dipastikan 95 persen dari mereka selamat ketika mencapai danau,'' tulis Utah DWR.

Otoritas setempat menyebut, pengadaan stok ikan melalui pesawat ini jauh lebih efisien ketimbang melalui perjalanan darat yang dapat memakan waktu berhari-hari.

Selepas melakukan penyetokan ikan, unit DWR akan menjaring danau demi mengetahui jumlah ikan yang selamat.

Berita Terkait

Berita Terkini