Travel

Bikin Bergidik, Makam Romawi Kuno Ini Ada di Bawah Outlet Zara

Hiii, kamu berani nggak datang ke gerai pakaian yang satu ini?

Stephanus Aranditio | Amertiya Saraswati

Outlet Zara di Yunani (instagram.com/danaelicious)
Outlet Zara di Yunani (instagram.com/danaelicious)

Guideku.com - Jalan-jalan ke Yunani rasanya tak lengkap kalau belum mengunjungi reruntuhan kuil yang ada. Terlebih jika kamu ke Athena, yang memang terkenal memiliki kuil-kuil indah nan megah.

Namun, bukannya kuil, apa yang ada di lantai basement gerai pakaian ZARA di Jalan Stadiou, Athena ini adalah sebuah makam Romawi Kuno!

Makam ini sebenarnya sudah ditemukan ketika Yunani dipilih menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2004 silam.

Waktu itu, banyak pembangunan yang dilakukan dan salah satunya adalah renovasi jalur kereta api bawah tanah.

Namun, tak disangka, para pekerja ini malah menemukan makam bergaya Romawi Kuno sehingga rencana renovasi pun berakhir dimodifikasi.

Ilustrasi Makam Romawi Kuno (instagram.com/alessandro_palma_roma)
Ilustrasi Makam Romawi Kuno (instagram.com/alessandro_palma_roma)

 

Ya, sebagai negara yang terkenal dengan situs arkeolog dan artefak-artefak kuno, Yunani memang punya hukum yang tegas soal melindungi situs-situs tersebut.

Pada akhirnya, situs tersebut pun dibiarkan tetap berada di bawah tanah dan ditutup dengan kaca sehingga para pengunjung maupun turis dapat melihatnya dari atas.

Bangunan di atas makam ini sendiri dulunya merupakan vila pada abad ke-19, yang kemudian diubah menjadi hotel, sebelum akhirnya menjadi outlet ZARA, salah satu merek pakaian yang telah mendunia.

Meski begitu, makam Romawi Kuno di bawah outlet ZARA ini agaknya baru sekarang mulai menjadi perhatian publik. Foto-fotonya pun belum banyak beredar di media.

Bagi yang penasaran, bentuk makam Romawi Kuno tersebut kurang lebih mirip dengan ilustrasi di atas namun terlihat jauh lebih kuno dan berupa reruntuhan.

Kamu juga dapat mengunjunginya sekaligus berbelanja di ZARA, tapi ingatlah untuk bersikap sopan dan tidak mengganggu aktivitas di toko karena petugas keamanan di sini benar-benar tegas dan ketat seputar keamanan di sekitar situs makam kuno.

Berita Terkait

Berita Terkini