Travel

Foto dengan Bintang Laut, Wulan Guritno Dikritik Warganet

Kali ini warganet nggak asal kritik, guys! Ini penyebabnya!

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Wulan Guritno Dikecam Akibat Angkat Bintang Laut (instagram.com/@wulanguritno)
Wulan Guritno Dikecam Akibat Angkat Bintang Laut (instagram.com/@wulanguritno)

Guideku.com - Menemukan turis yang membuat masalah saat traveling bukanlah hal baru. Kritik dan kecaman pasti akan berdatangan, terlebih jika yang sedang berlibur adalah seorang public figure.

Hal ini dialami oleh Wulan Guritno yang baru-baru ini membagikan foto liburannya di instagram, tepatnya sehari lalu pada tanggal 24 September 2018.

Sepintas terlihat sederhana, foto tersebut mengundang kritik dan kecaman keras dari warganet. Bahkan, banyak yang meminta agar foto tersebut dihapus saja.

Pasalnya, di foto tersebut, Wulan Guritno terlihat sedang mengangkat seekor bintang laut ke atas permukaan air laut.

Wulan Guritno Dikecam Akibat Angkat Bintang Laut (instagram.com/@wulanguritno)
Wulan Guritno Dikecam Akibat Angkat Bintang Laut (instagram.com/@wulanguritno)

 

Sayangnya, tidak seperti di kartun Spongebob Squarepants, bintang laut di kehidupan nyata tidak dapat keluar dari laut—lebih-lebih lagi bisa jalan-jalan santai di pantai.

Alasannya, bintang laut yang terekspos udara dapat mati nyaris seketika itu juga. Hal ini disebabkan karena mekanisme pernapasan bintang laut adalah melalui tabung-tabung kecil yang berada di tubuh mereka.

Nah, seperti yang bisa kamu lihat sendiri, tabung-tabung kecil atau hidung si bintang laut ini terletak hampir di seluruh bagian tubuh mereka.

Berbeda dengan kita yang bisa menikmati udara sejuk nan segar di laut, udara ini merupakan racun bagi si bintang laut.

Belum lagi, sebagian besar bintang laut hanya bisa menahan napas mereka selama 30-an detik setelah keluar dari laut.

Ilustrasi Bintang Laut (Pixabay/joakant)
Ilustrasi Bintang Laut (Pixabay/joakant)

 

Nggak cuma masalah pernapasan, ternyata bintang laut pun juga bisa merasakan stres akibat perubahan lingkungan yang mendadak tersebut.

Hal itu dapat memengaruhi kesehatan mental si bintang laut, yang pada akhirnya berdampak buruk bagi keberlangsungan hidup mereka.

Jadi, meski Wulan Guritno hanya mengangkat setengah dari tubuh bintang laut tersebut ke atas permukaan air, banyak warganet yang tetap mengecam aksinya tersebut.

Mirisnya lagi, aksi mengangkat bintang laut ini juga dilakukan oleh ketiga anak Wulan Guritno dan foto mereka memegang bintang laut juga diunggah oleh sang ibu ke instagram.

Foto dengan bintang laut. (Instagram.com/wulanguritno)
Foto dengan bintang laut. (instagram.com/@wulanguritno)

 

Salah seorang warganet mengadukan aksi itu ke Menteri Kelautan dan Perikanan dengan berkomentar, ''ibu @susipudjiastuti115 gimana nih bu, selebritas kita yang harusnya jadi panutan malah ngasih contoh nggak bener ke masyarakat.''

Ada juga yang berkata: ''bintang laut tidak pantas dipamerkan dengan cara seperti itu, bisa mati dia dan udah gak banyak lagi di laut/pantai Indonesia,'' kata warganet lainnya.

Lalu ada juga yang berkomentar, ''Hanya agar keliatan keren tapi dengan memberi contoh perbuatan yang merusak....''

Gimana menurutmu, teman travelers?

Traveling memang boleh, tapi jangan sampai merusak lingkungan dan membahayakan hewan-hewan yang kita temui demi feed instagram yang bagus, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini