Travel

Realita vs Ekspektasi, Begini Rasanya Liburan ke Destinasi Ikonik

Faktanya, memang realita itu suka jauh-jauh dari ekspektasi, sih.

Angga Roni Priambodo | Amertiya Saraswati

Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/Pixabay)
Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/Pixabay)

Guideku.com - Buat kamu yang baru pertama kali pergi menjelajah tempat-tempat wisata ikonik, kamu pasti punya ekspektasi saat traveling yang sudah tergambar di benakmu.

Terlebih di era digital seperti sekarang ini, menemukan gambar-gambar mengenai tempat wisata ikonik seperti indahnya Menara Eiffel atau megahnya Piramida Giza sudah bukan hal susah lagi.

Namun, jangan sampai kamu membangun ekspektasimu secara berlebihan dan kecewa saat menghadapi realita traveling yang ada di depan mata, ya!

Kalau-kalau kamu lupa, foto di media sosial tidak selalu menggambarkan pengalaman saat traveling secara akurat. Mereka adalah foto-foto yang telah melalui berbagai proses editing.

Nah, buat kamu yang penasaran, yuk lihat foto-foto realita vs ekspektasi destinasi wisata ikonik yang sudah dikumpulkan Guideku.com dari berbagai sumber ini!

1. Lukisan Mona Lisa di Museum Louvre, Paris

Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/octaviafaith)
Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/octaviafaith)

Buat kamu yang masih awam dengan seni, banyak yang berpendapat bahwa tujuan ke Museum Louvre hanyalah satu: melihat lukisan Mona Lisa yang terkenal.

Namun, pada kenyataannya, lukisan Mona Lisa selalu dikerubungi oleh wisatawan sehingga susah bagimu untuk melihat apalagi berlama-lama menikmati detailnya dari dekat.

Duh, padahal karya seni lain yang nggak kalah indahnya kan juga banyak!

2. Patung Christ the Redeemer, Brasil

Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/r_gurbandurdyyev)
Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/r_gurbandurdyyev)

Patung Christ the Redeemer yang menjulang di Rio de Janeiro, Brasil ini memang selalu terlihat indah dan menawan jika difoto dari kejauhan.

Tapi, jangan berharap untuk menemui hal yang sama jika kamu hendak melihatnya dan mengajaknya berselfie dari dekat.

Di sana, akan ada banyak sekali turis yang ingin berfoto sambil menirukan pose Christ the Redeemer ini sehingga suasana menjadi tak nyaman.

3. Menara Eiffel, Paris

Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/stephaniecolpron)
Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/stephaniecolpron)

Sebagai ikon salah satu tempat teromantis di dunia, banyak yang ingin mengunjungi menara Eiffel ini demi berfoto bersama pasangan atau menyaksikan keindahan kota Paris dari atas.

Sayangnya, kalau kamu punya mimpi untuk mesra-mesraan dengan pasangan saat berada di Menara Eiffel, lebih baik kamu kubur mimpimu itu dalam-dalam, deh!

Tempat ini rata-rata dikunjungi 25.000 turis per hari, sehingga daerah di sekitarnya pun sangat ramai dan rawan pencopetan.

Sebagai gantinya, kamu masih bisa mengamati dan berfoto dengan menara ini dari kejauhan, kok!

4. Air Terjun Niagara

Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/leejindan)
Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/leejindan)

Siapa tak kenal air terjun yang terletak di antara perbatasan Amerika Serikat dan Kanada ini? Banyak yang punya ekspektasi untuk bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang menakjubkan ini.

Meski begitu, bagi kamu yang ingin melihat dan berfoto dari dekat, jangan harap kamu bisa terlihat cantik atau ganteng sembari memamerkan pakaianmu, ya.

Selain ramai, pengunjung yang ingin menikmati air terjun ini dari dekat akan diharuskan untuk mengenakan jas hujan plastik yang telah disediakan.

5. Piramida Giza, Mesir

Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/solotravelninja)
Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/solotravelninja)

Bagi yang belum pernah ke Mesir, agaknya kita semua punya ekspektasi yang sama soal berkunjung ke Piramida Giza.

Ngaku saja deh, kamu pasti punya gambaran berjalan-jalan di padang pasir yang luas nan panas sembari mengamati Piramida Giza yang tampaknya jauh dari peradaban, bukan?

Padahal, realitanya, piramida ini terletak di dekat kota Kairo dan sebenarnya kamu bisa melihat pemandangan Piramida Giza ini dari gerai Pizza Hut dan KFC yang ada di dekat sana. Duh!

6. Tembok Besar Cina

Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/wanderingindulgences)
Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/wanderingindulgences)

Berjalan-jalan di sepanjang Tembok Besar Cina dapat menjadi pengalaman saat traveling yang tak terlupakan.

Masalahnya, bukan cuma kamu saja yang berpikir demikian, guys. Mau tak mau, kamu pun harus berdesakan dengan turis lain selagi menapaki jalanan batu Tembok Besar Cina.

Selain itu, buat kamu yang punya impian untuk menjelajahi seluruh bagian Tembok Besar, bersiaplah untuk menemui bagian yang sudah rusak dan butuh direstorasi, ya!

7. Naik Gondola di Venice, Italia

Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/alisonclynes)
Realita vs Ekspektasi Saat Traveling (instagram.com/alisonclynes)

Layaknya kasus Menara Eiffel tadi, banyak yang membayangkan romantisnya naik gondola berdua dengan pasangan seraya membelah kanal-kanal di Venice.

Sayangnya, ekspektasi ini harus hancur oleh fakta bahwa keberadaan gondola di Venice tak ubahnya seperti keadaan jalan di Jakarta alias macet!

Terlebih di peak season liburan, jangan heran kalau gondola yang kamu naiki harus mengantre atau terjebak kemacetan bersama gondola-gondola lain.

Nah, itulah tujuh potret realita vs ekspektasi yang menggambarkan bahwa ekspektasi saat traveling-mu tidak selalu bisa menjadi kenyataan.

Alih-alih, jangan terlalu terpaku dengan ekspektasi dan cobalah untuk menikmati realita saat traveling yang ada, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini