Travel

Uniknya Dabbawala, Jasa Antar Bekal Tradisional di India

Satu sepeda atau kereta dabbawala mampu mengangkut 30-40 kotak makan.

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Dabbawala jasa antar makanan di India. (wikimedia.org)
Dabbawala jasa antar makanan di India. (wikimedia.org)

Guideku.com - India adalah salah satu negara di bagian Asia Selatan yang memiliki sejuta keunikan budaya. Tak hanya itu saja, India ternyata memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua lho, setelah Cina.

Aktivitas yang padat tentu membuat segala sesuatunya harus cepat, sehingga banyak pekerja terkadang lupa untuk membawa bekal ketika berangkat ke kantor.

Maka dari itu di India tepatnya Mumbai terdapat jasa antar bekal makanan yang biasa disebut warga sekitar dengan dabbawala.

Dabbawala sendiri berasal dari bahasa India yang artinya pria pengantar bekal. Unik banget kan, namanya?

Dabbawala di India ini akan mengantarkan bekal para pekerja dari rumah menuju kantor.

Telah ada sejak 1890, tak disangka jasa pengantar bekal makanan ini sudah berusia sangat tua yaitu 125 tahun.

Para pria pengantar bekal ini akan memulai aktivitas pada pukul 9 pagi dengan cara melapor untuk bekerja di lokasi stasiun yang dipilih.

Kemudian, dabbawala ini akan bergegas untuk mengambil kotak bekal alumunium mirip rantang yang telah terisi makanan dari rumah pengguna jasa antar tersebut.

Biasanya satu kali angkut, dabbawala di India ini mampu mengumpulkan hingga 40 kotak bekal lho, travelers. Banyak banget kan? Dan kotak bekal ini dibawa menggunakan sebuah sepeda atau kereta.

Pada sekitar pukul 10.30 para pria pengantar bekal ini akan bertemu dengan dabbawala lain untuk memilah kotak bekal sesuai dengan lokasi tempat pengiriman yang dituju.

Agar tidak tertukar, biasanya dabbawala telah menggunakan sistem kode warna dan stasiun untuk setiap kotak makan yang akan diantar.

Menarik banget ya travelers, meskipun kini zaman sudah semakin modern dengan fasilitas canggih, dabbawala ini masih ramai diminati warga India.

Berita Terkait

Berita Terkini