Travel

Gunung Soputan Meletus, Waspadai 3 Foto HOAX Ini

Tetap waspada ya!

Dany Garjito | Aditya Prasanda

Ilustrasi letusan gunung api (Pixabay Skeeze)
Ilustrasi letusan gunung api (Pixabay Skeeze)

Guideku.com - Gunung Soputan di Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, meletus pagi ini, Rabu (3/10/2018) tepatnya pukul 08.47 WITA.

Abu vulkanik setinggi 4.000 meter pun membubung di atas puncak kawahnya, letusan ini juga menyebabkan amplitudo maksimum 39 milimeter dengan durasi sekitar 6 menit.

Akibat letusan ini, hujan abu vulkanik diperkirakan akan jatuh di daerah barat-barat laut Gunung Soputan mengutip keterangan tertulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter resminya @Sutopo_PN.

Akun Twitter Sutopo Purwo Nugroho juga mengcounter beberapa foto dan video HOAX yang beredar terkait letusan Gunung Soputan. Guideku.com mencatat di antaranya.

1. Gunung Soputan tak mengeluarkan lava dari bawah

Berdasarkan keterangan tertulis di akun tersebut, sebuah video yang menampilkan lava panas yang mengalir di sosial media diverifikasi sebagai video HOAX. Sebab Gunung Soputan menurut akun Sutopo Purwo Nugroho tak mengeluarkan lava dari bawah.

Cetak layar (Twitter Sutopo Purwo Nugroho)
Cetak layar (Twitter Sutopo Purwo Nugroho)

 

''Video ini HOAX. Ini bukan lava Gunung Soputan. Gunung Soputan meletus pada 3/8/2018 pukul 08.47 WITA. Tapi tidak mengeluarkan lava keluar dari kawah. Abaikan dan delete jika menerima video ini di medsos,'' tulis akun Twitter Sutopo Purwo Nugroho.

2. Foto rekayasa juga digunakan saat letusan Sinabung

Foto berikut disinyalir akun Twitter Sutopo Purwo Nugroho juga digunakan untuk menebar berita HOAX saat Gunung Sinabung meletus tahun 2014.

Cetak layar (Twitter Sutopo Purwo Nugroho)
Cetak layar (Twitter Sutopo Purwo Nugroho)

 

''Ini bukan letusan Gunung Soputan. Foto ini HOAX. Foto ini rekayasa yang pernah juga disebarkan sebagai letusan Gunung Sinabung tahun 2014. Jangan ikut menyebarkan. Buang saja karena hoax,'' tandas Sutopo Purwo Nugroho.

3. Video erupsi gunung di Amerika Selatan

Video berikut bukanlah video erupsi Gunung Soputan, menurut akun Twitter Sutopo Purwo Nugroho, erupsi dalam video ini terjadi di Amerika Selatan.

Cetak layar (Twitter Sutopo Purwo Nugroho)
Cetak layar (Twitter Sutopo Purwo Nugroho)

 

''Video ini bukan erupsi Gunung Soputan. Ini erupsi gunung di Amerika Selatan. Jika dikatakan erupsi Gunung Soputan, itu HOAX. Abaikan dan jangan ikut menyebarkan di sosial media,'' tegas akun tersebut.

Sementara itu, masyarakat dihimbau untuk tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer di sekitar puncak Gunung Soputan.

Demi menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas, masyarakat juga dihimbau untuk tidak memasuki kawasan barat-barat daya, yang terletak 6,5 kilometer dari puncak Gunung Soputan.

Meski belum ada himbauan untuk mengungsi, menyikapi status Level III (Siaga) Gunung Soputan, warga sekitar diharapkan tetap waspada dengan potensi ancaman aliran lahar paska erupsi.

Sebab materi erupsi ini dapat mengkontaminasi air yang dialirkan sungai-sungai dengan hulu di sekitar kawasan lereng Gunung Soputan.

Itulah tiga foto HOAX Gunung Soputan meletus. Yuk berantas HOAX bersama! 

Berita Terkait

Berita Terkini