Travel

Google Luncurkan Aplikasi Ini untuk Temukan Korban Gempa Palu

Google Indonesia rilis aplikasi web khusus bernama Google Person Finder.

Dany Garjito

Ilustrasi aplikasi Google. (Pixabay/ciupa)
Ilustrasi aplikasi Google. (Pixabay/ciupa)

Guideku.com - Google berikan kontribusinya untuk membantu korban gempa dan tsunami Palu - Donggala, yakni dengan merilis aplikasi web khusus bernama Google Person Finder.

Google Person Finder disebut bisa menjadi aplikasi yang membantu orang menemukan keluarga dan teman-teman mereka yang terkena dampak bencana alam.

Ya, jika selama ini kalau mau jalan-jalan wisata atau liburan ke suatu destinasi wisata mengandalkan Google Maps, maka sekarang ada juga aplikasi web khusus dari Google untuk mencari orang. 

Tersedia dalam bahasa Indonesia, Google Person Finder ini memiliki dua opsi dengan menanyakan pengunjung apakah mereka mencari atau memiliki informasi tentang seseorang.

Jika memilih opsi mencari seseorang, pengguna aplikasi Google Person Finder dapat mengetikkan nama orang tersebut dan Google akan menyediakan beberapa profil yang mencakup nama lengkap, foto, dan status. Data yang disediakan Google tersedia untuk jangka waktu tertentu. Dan jika data orang yang dicari tidak disediakan Google, maka pengguna dapat mengeklik tombol ''Buat rekaman baru'' untuk menambahkan data informasi.

Postingan fitur baru Google Person Finder. [Twitter]
Postingan fitur baru Google Person Finder. [Twitter]

Pengguna juga bisa memasukkan informasi tentang diri mereka sendiri atau orang lain ke dalam database lewat opsi ''memiliki informasi tentang seseorang''. Nantinya, Google akan meminta pengguna untuk mengetikkan nama lengkap dan bertanya apakah pengunjung ingin memasukkan informasi tentang diri mereka sendiri atau orang lain.

BACA JUGA: Ini Komik Anthonius Gunawan Agung yang Bikin Warganet Nangis

Google Person Finder ini terbuka secara publik dan siapapun dapat mengaksesnya, sehingga patut diperhatikan bahwa Google tidak dapat memverifikasi keakuratannya. Google Indonesia sendiri memberikan pengumuman adanya layanan ini pada 2 Oktober lalu lewat akun Twitter resminya.

Semoga Google Person Finder aplikasi untuk mencari orang atau korban gempa ini bisa dimaksimalkan ya, sehingga banyak korban yang bisa segera ditemukan. 

SUARA.com/Lintang Siltya Utami

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Temukan Korban Gempa Palu - Donggala Lewat Google Person Finder

Berita Terkait

Berita Terkini