Travel

Menguak Indahnya Pura Lempuyang, Salah Satu Pura Tertua di Bali

Bukan cuma Pura Besakih, yang satu ini pun tak kalah memesona

Galih Priatmojo | Amertiya Saraswati

Pura Lempuyang (Wikimedia Commons)
Pura Lempuyang (Wikimedia Commons)

Guideku.com - Di tengah udara sejuk ala pegunungan dan hamparan pepohonan hijau yang membentang di Bali Timur, berdirilah Pura Lempuyang yang agung nan megah.

Layaknya Pura Besakih yang disebut-sebut sebagai ibu dari semua pura di Bali, Pura Lempuyang ini juga merupakan salah satu pura tertua dan yang paling dihormati di Bali.

Pura Lempuyang ini dibangun pada abad ke-8, tepatnya di puncak Gunung Lempuyang yang berada di ketinggian 1.175 meter di atas permukaan laut.

Tidak hanya itu, untuk mencapai puncak Pura Lempuyang, maka kamu pun harus kuat mendaki tangga curam yang memiliki lebih dari 1.700 anak tangga.

Pura Lempuyang (Wikimedia Commons)
Pura Lempuyang (Wikimedia Commons)

Walau kedengarannya melelahkan, namun rasa pegal itu akan terbayar begitu kamu tiba di pura yang didominasi warna putih dan abu-abu ini.

Selain pemandangannya yang asri dan udaranya yang sejuk, kamu pun juga bisa melihat Gunung Agung dan Pura Besakih di kejauhan begitu kamu mencapai puncak Pura Lempuyang. Wow banget, kan?

Untuk mencapai pura ini, kamu bisa minta warga sekitar untuk mengantarmu ke Penataran Agung Pura Lempuyang lebih dulu dengan menggunakan kendaraan bermotor. Ini adalah bagian pura yang terletak di kaki gunung.

Barulah setelahnya, kamu diharuskan untuk mendaki Gunung Lempuyang demi mencapai puncak dari pura ini.

Pura Lempuyang (instagram.com/svetlan.andrevna)
Pura Lempuyang (instagram.com/svetlan.andrevna)

Warga lokal percaya bahwa mereka yang melakukan perjalanan dan pendakian ke Pura Lempuyang dengan rasa berat hati serta kerap mengeluh tidak akan pernah bisa mencapai puncak.

Bagi mereka, tidak menyuarakan keluhan adalah tanda bahwa kamu menghormati kemegahan Pura Lempuyang serta keindahan alam yang ditawarkan.

Pura ini bisa dicapai setelah kurang lebih dua jam melakukan pendakian. Di sini, selain pemandangan indah yang telah disebutkan tadi, kamu juga bisa merasakan sensasi tenang yang mendamaikan hati.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba wisata ke Pura Lempuyang dan menaklukkan ribuan anak tangga ini?

Berita Terkait

Berita Terkini