Umrah Tandai Penerbangan Internasional di Bandara Kertajati

Rutenya Kertajati - Madinah dan akan mengangkut jamaah asal Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Rendy Adrikni Sadikin
Kamis, 11 Oktober 2018 | 09:14 WIB
Keterangan foto (kiri – kanan): Managing Director of Lion Group, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi; Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil; Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra; Vice President Dream Tour, Muhammad Umar Bakadam.

Keterangan foto (kiri – kanan): Managing Director of Lion Group, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi; Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil; Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra; Vice President Dream Tour, Muhammad Umar Bakadam.

Guideku.com - Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka akan membuka layanan penerbangan internasional perdana, Sabtu 13 Oktober 2018. Rutenya Kertajati - Madinah dan akan mengangkut jamaah asal Jawa Barat dan Jawa Tengah.

''Dengan bahagia pada 13 mendatang akan ada penerbangan yang ditunggu-tunggu. Karena akan ada penerbangan (di Bandara Kertajati) dengan pangsa yang luar biasa,'' kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara Jawa Barat Punya Informasi (JAPRI) yang digelar di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat.

Layanan penerbangan internasional ini akan menjadi penanda baik ke depannya bagi bandara yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 24 Mei 2018. Jawa Barat dengan populasi jumlah penduduk terbanyak di Indonesia memiliki sekitar 41 juta umat muslim, dengan rincian total populasi muslim di Jawa Barat mencapai 97 persen.

Baca Juga: Auto Misqueen, Turis Ini Ditagih 800 Juta Setelah Makan Malam

Letak Bandara Kertajati strategis. Dia berada di tengah kawasan berkembang Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) memiliki pangsa pasar umrah yang cukup basar setiap tahunnya.

Merunut data Ministry of Hajj and Ummrah Saudi Arabia potensi masyarakat untuk berangkat umrah setiap tahun di kawasan Ciayumajakuning selalu tumbuh, tercatat pada 2015 (117.469 jamaah), 2016 (118.218 jamaah) dan 2017 (140.153 jamaah).

''Jadi muslim di Jawa Barat ini bagus. Layanan direct flight dari Kertajati ke Madinah, mudah-mudahan ini terus bisa menambah penerbangan lainnya yang ada di BIJB,'' ucap laki-laki yang akrab disapa Kang Emil ini.

Baca Juga: Chicken Rice, Kuliner khas Singapura yang Bakal Bikin Kamu Ngiler

Emil pun mengajak masyarakat Jawa Barat untuk menunaikan 'wisata religi' melalui Bandara Kertajati. BIJB ini bisa menjadi opsi setelah Bandara Soekarno-Hatta yang semakin padat melayani penerbangan menuju Madinah, khususnya umrah. "Jadi nanti dengan kehadiran rute internasional menuju Arab Saudi, memberikan nilai lebih terutama efektivitas," imbuh Emil.

Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra memastikan kesiapan Bandara Kertajati untuk melaksanakan penerbangan umrah pada 13 Oktober mendatang. Bandara pemilik three letter code 'KJT' ini rencananya akan melayani umrah satu minggu sekali dengan agen biro perjalanan Dream Tour.

''Insya Allah kami siap. Dua minggu lalu kami sudah melakukan simulasi, kami sangat optimis pada 13 Oktober nanti kita akan memulai penerbangan internasional perdana Kertajati - Madinah dengan transit di India,'' tutur Virda.

Baca Juga: Bedog Arts Festival #9 Segera Dimulai, Yuk Ramaikan!

Kesiapan Bandara Kertajati untuk melayani penerbangan internasional juga sudah melalui beberapa tahapan verifikasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Verifikasi untuk melihat fasilitas dan sarana pendukung seperti imigrasi, buat masyarakat yang ingin bepergian ke luar negeri.

''Fasilitas terminal kami sudah siap. Sekarang bagaimana caranya kami bisa mengoptimalkan bahwa bandara ini sudah beroperasi baik domestik maupun internasional kepada masyarakat luas,'' ujar Virda.

Menurut Managing Director of Lion Group, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi, ''Bandara Kertajati bisa menjadi pusat kegiatan transportasi udara dari Jawa Barat menuju Tanah Suci. Sebagai bandara terbesar di Jawa Barat sudah seharusnya potensi masyarakat yang ingin bepergian ke luar negeri bisa terlayani secara maksimal.''

Baca Juga: Indahnya Kebangetan, Ini Dia Negara Kelahiran Khabib Nurmagomedov

''Pada 13 Oktober minggu ini akan menjadi tonggak sejarah dan pencapaian menghadirkan penerbangan internasional yang dimulai dengan melayani umrah. Berbagai macam rencana strategis dan peluang telah menjadikan Kertajati menjadi semangat baru kami untuk pusat kegiatan transportasi udara. Lion Air akan menggunakan pesawat terbaru Boeing 737 MAX 8 dengan kapasitas 180 kursi. Karena penerbangan jarak jauh, maka transit dilakukan di Bandar Udara Internasional Trivandrum, Kerala, India untuk keperluan pengisian bahan bakar,'' tegas Capt. Daniel.

Vice President Dream Tour, Muhammad Umar Bakadam menuturkan, ''Jamaah umrah asal Ciayumajakuning dan Purwokerto cukup mendominasi untuk berangkat umrah pertama melalui Bandara Kertajati. Dengan adanya rute penerbangan umrah dari Bandara Kertajati menuju Tanah Suci, tentu ini akan membantu warga yang berada di kawasan Ciayumajakuning dan sebagian wilayah Jawa Tengah untuk menunaikan ibadahnya di Tanah Suci.''

''Selain jemaah asal Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan, jemaah dari Purwokerto juga akan menjadi jemaah pertama yang berangkat ke Tanah Suci dari Bandara Kertajati,'' terang Umar.

''Hadirnya penerbangan umrah dari Bandara Kertajati itu sangat membantu sekali, lebih efektif dan efision ketika perjalanan dari tempat tinggalnya ke bandara,'' tandasnya.

Biro jasa penerbangan umrah lainnya, Fauzi Wahyu Muntoro selaku Direktur Utama PT DGI mengatakan, ''Respon masyarakat menyambut penerbangan umrah dari Bandara Kertajati cukup luar biasa. Keberangkatan transportasi udara menuju Madinah bisa lebih mudah mengakomodir warga Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah. Sekarang waktunya lebih praktis.''

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak