5 Fakta Taman Indonesia Kaya, Panggung Kesenian Terbuka di Jateng

Taman Indonesia Kaya bisa berkontribusi besar di industri kreatif Indonesia.

Dany Garjito
Selasa, 16 Oktober 2018 | 19:30 WIB
Peresmian Taman Indonesia Kaya di Semarang. (Image Dynamics)

Peresmian Taman Indonesia Kaya di Semarang. (Image Dynamics)

Guideku.com - Bakti Budaya Djarum Foundation kembali membangun Taman Indonesia Kaya.

Taman Indonesia Kaya diresmikan tepat dengan ulang tahun Galeri Indonesia Kaya ke-5 dengan menggandeng Pemerintah Kota Semarang.

Sebelumnya, Bakti Budaya Djarum Foundation juga sudah membangun Galeri Indonesia Kaya sebagai ruang publik pertama di Indonesia yang memadukan konsep edukasi dengan digital multimedia untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia.

Baca Juga: Hore! Wings Air Kini Buka Rute Baru Semarang-Karimunjawa

Nah, sebelum kamu kunjungi Taman Indonesia Kaya di Semarang, Guideku.com telah merangkum lima fakta Taman Indonesia Kaya. Berikut lima fakta Taman Indonesia Kaya, panggung kesenian terbuka pertama di Jateng!

1. Yang perlu kamu tahu dari Taman Indonesia Kaya

Penandatanganan Prasasti oleh Walikota Semarang, H. Hendrar Prihadi, SE. MM. (Image Dynamics)
Penandatanganan Prasasti oleh Walikota Semarang, H. Hendrar Prihadi, SE. MM. (Image Dynamics)

 

Baca Juga: Potret Sejuknya Air Terjun Curug Benowo Semarang, Bikin Mager!

Taman Indonesia Kaya merupakan taman dengan panggung seni pertunjukan terbuka pertama di Jawa Tengah yang ditujukan sebagai wadah ekspresi seniman dan pekerja seni.

Taman Indonesia Kaya dahulu dikenal sebagai Taman KB, berlokasi di Jl. Menteri Soepeno, Semarang. Dan kini sudah dipugar dan dipercantik dengan beragam fasilitas pendukung.

''Bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang, pembangunan Taman Indonesia Kaya merupakan wujud komitmen kami dalam memperkenalkan kebudayaan Indonesia bagi masyarakat khususnya generasi muda agar tidak kehilangan identitasnya sebagai bangsa Indonesia. Diharapkan dengan adanya Taman Indonesia Kaya di Semarang dapat menumbuhkan lebih banyak lagi seniman di Jawa Tengah dan sekitarnya yang akan berkontribusi kepada dunia industri kreatif di Indonesia,'' kata Victor Rachmat Hartono, President Director Djarum Foundation dilansir Guideku.com dari keterangan tertulis (10/10/2018).

Baca Juga: Cimory On The Valley Semarang, Bukan Pabrik Susu Sapi Biasa

2. Lokasi Taman Indonesia Kaya

Taman Indonesia Kaya di Semarang. (Image Dynamics)
Taman Indonesia Kaya di Semarang. (Image Dynamics)

 

Lokasi Taman Indonesia Kaya yang berada di pusat kota Semarang, membuat taman seluas 5.000 meter persegi ini bisa difungsikan sebagai wadah berkesenian komunitas seniman Jawa Tengah.

Baca Juga: Star Hotel Semarang Tawarkan Sensasi Berenang di Atas Awan

H. Hendrar Prihadi, SE. MM, selaku Walikota Semarang, berharap agar Taman Indonesia Kaya ini terdorong untuk menciptakan banyak karya seni baru demi berkembangnya seni budaya Jawa Tengah dan mampu bersaing di dunia seni pertunjukan Indonesia.

3. Fasilitas Taman Indonesia Kaya cukup menarik lho!

Taman Indonesia Kaya di Semarang. (Image Dynamics)
Taman Indonesia Kaya di Semarang. (Image Dynamics)

 

Di sini ada Panggung Budaya yang dibangun dengan dua sisi yang semuanya bisa digunakan.

Lalu ada Taman Pandawa Lima yang dibuat oleh Komroden Haro, Pelataran Penikmat Seni, Amphitheater, Area Hijau, Gerbang Mural karya lima seniman muda Semarang, dan tak ketinggalan ada Air Mancur Menari.

Air Mancur Menari ini dibangun oleh Pemerintah Kota Semarang yang dapat bergerak mengikuti alunan musik klasik dan lagu-lagu perjuangan Indonesia.

Air Mancur Menari tersebut dijadwalkan akan menyala setiap hari pada pukul 19.00 - 20.00 dan sampai pukul 21.00 di akhir pekan.

Untuk perawatan Taman Indonesia Kaya dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang, sedangkan pihak Bakti Budaya Djarum Foundation dijadwalkan akan menggelar pertunjukan panggung budaya dan seni dari para seniman.

4. Jadwal pertunjukkan di Taman Indonesia Kaya

Taman Indonesia Kaya di Semarang. (Image Dynamics)
Taman Indonesia Kaya di Semarang. (Image Dynamics)

 

Jadwal pertunjukkan di Taman Indonesia Kaya yang pertama akan jatuh pada 27 Oktober 2018. Adapun pertunjukan ini akan menampilkan Butet Kertaradjasa, Agus Noor, Djaduk Ferianto, Cak Lontong, Prie GS, Sruti Respati, dan seniman-seniman asal Semarang, Jogja, Solo, dan Kudus.

5. Salah satu tujuan Bakti Budaya Djarum Foundation

Wakil Walikota Semarang, Ir. Hj. Hevearita G. Rahayu bersama Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian. (Image Dynamics)
Wakil Walikota Semarang, Ir. Hj. Hevearita G. Rahayu bersama Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian. (Image Dynamics)

 

Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation juga mengungkapkan,''Lima tahun yang lalu, kami meresmikan Galeri Indonesia Kaya di Jakarta sebagai ruang publik yang bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia. Sejak 10 Oktober 2013, Galeri Indonesia Kaya telah menyelenggarakan lebih dari 1.500 pertunjukan seni yang melibatkan ratusan seniman Indonesia dari berbagai generasi.''

''Hari ini, kami meresmikan Taman Indonesia Kaya di Semarang yang juga menjadi ruang publik untuk mendukung aktivitas dan keberlangsungan seni budaya lokal di Jawa Tengah dan di Indonesia. Kedepannya, Taman Indonesia Kaya akan menampilkan ragam seni pertunjukan yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Dengan adanya Taman Indonesia Kaya ini, diharapkan seni pertunjukan Indonesia dapat lebih maju dan lebih berkembang di tanah air kita,'' tambah Renitasari.

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak