Travel

Memburu Pesona Pohon Pelangi di Bondowoso, Jawa Timur

Tak hanya gunung, alam juga punya pohon pelangi.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Pohon Pelangi (Wikimedia Commons)
Pohon Pelangi (Wikimedia Commons)

Guideku.com - Belakangan, tempat wisata warna-warni yang menyerupai pelangi agaknya sedang viral di kalangan warganet.

Baik itu di dalam negeri maupun luar negeri, spot wisata yang memiliki aneka warna pelangi selalu punya daya tarik tersendiri yang membuat mata mendadak enggan berpaling.

Mulai dari destinasi wisata buatan seperti desa pelangi atau kuil pelangi di Malaysia, hingga gunung pelangi di Peru yang terbentuk secara alami, semuanya selalu sukses menarik minat wisatawan.

Namun, bukan hanya gunung saja, ternyata alam juga punya pohon bernama Eucalyptus deglupta atau yang lebih dikenal dengan pohon pelangi.

Pohon Pelangi di Bondowoso (instagram.com/blandong_id)
Pohon Pelangi di Bondowoso (instagram.com/blandong_id)

Berbeda dengan gunung pelangi yang mengharuskanmu untuk jauh-jauh ke Peru, pohon pelangi ini rupanya dapat kamu temukan di Indonesia, lho!

Untuk menemukan pohon dengan batang berwarna-warni seperti pelangi ini, kamu cukup mengunjungi Desa Sumberwringin yang ada di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Sepintas, kamu mungkin mengira jika pohon-pohon yang ada di desa ini sengaja diwarnai dengan menggunakan cat demi menarik wisatawan.

Terlebih, kawasan Sumberwringin sebenarnya bukan merupakan daerah di mana pohon pelangi dapat dengan mudah ditemukan.

Pohon Pelangi di Bondowoso (instagram.com/mbah_jaboel)
Pohon Pelangi di Bondowoso (instagram.com/mbah_jaboel)

Namun, pada kenyataannya, lapisan warna pelangi di pohon ini terbentuk secara alami akibat proses keluarnya getah dari dalam pohon, lho!

Getah inilah yang pada akhirnya membentuk aneka lapisan warna pelangi dan membuat tampilan pohon pelangi menjadi seolah-olah tak nyata.

Pohon pelangi atau Eucalyptus deglupta sendiri merupakan spesies yang bisa dibilang langka. Di Sumberwringin saja, kamu baru bisa menemukan sekitar 10 hingga 15 pohon pelangi ini.

Jadi, buat travelers yang tertarik untuk bermain-main ke Sumberwringin, Bondowoso demi memburu pemandangan langka pohon pelangi, ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestariannya, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini