Travel

Liburan ke Kediri, Ini 4 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Jalan-jalan ke Kediri, tak lengkap jika belum menjajal destinasi wisata berikut.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

Gunung Kelud di Kediri (Wikimedia Commons Lutfi Adn)
Gunung Kelud di Kediri (Wikimedia Commons Lutfi Adn)

Guideku.com - Gunung Kelud, salah satu gunung berapi yang masih aktif di kawasan Jawa Timur ini merupakan maskot pariwisata alam Kediri.

Sebab keindahan lanskap alamnya, jalur di gunung ini kerap digunakan para wisatawan untuk trekking dan sekadar mengabadikan momen.

Beberapa spot menarik macam kubah lava dan pemandian air panas kerap menyedot perhatian wisatawan yang hendak berendam merasakan sensasi sumber mata air dari kawah Gunung Kelud.

Kawah Gunung Kelud (Instagram Julyhan Achmad)
Kawah Gunung Kelud (Instagram Julyhan Achmad)

 

Untuk memasuki kawasan wisata ini pun tak sulit, cukup merogoh kocek sebesar Rp 5 ribu di hari biasa dan Rp 10 ribu di akhir pekan.

Selain Gunung Kelud, Kediri juga menawarkan beragam destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi saat kita menyambangi Kota Tahu ini. Apa saja?

Monumen Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul (Wikimedia Commons Arsyeric)
Simpang Lima Gumul (Wikimedia Commons Arsyeric)

 

Melihat Monumen Simpang Lima Gumul, tak sulit kita mengakui betapa identiknya monumen ini dengan Arc de Triomphe di Paris, Prancis nan monumental.

Monumen yang jadi simbol kota Kediri ini terletak di antara lima persimpangan jalan yang menghubungkan Kediri, Pare, Pagu, Wates dan Gurah.

Kawasan di sekitarnya merupakan sentra ekonomi dan perdagangan Kediri.

Bangunan yang menjulang setinggi 25 meter dengan luas 804 meter persegi ini dibangun di atas lahan seluas 37 hektar.

Di sisi kiri dan kanan monumennya yang kokoh, terpahat 16 relief yang menceritakan sejarah kabupaten Kediri.

Tak jauh dari Monumen Simpang Lima Gumul, kita dapat menemukan beragam fasilitas macam gedung serba guna, gedung pemerintahan, bank daerah, terminal bus antar kota, Pasar Tugu, hingga wahana wisata macam Water Park Gumul dan Paradise Island.

Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo (Instagram Khakim Sr)
Air Terjun Irenggolo (Instagram Khakim Sr)

 

Bertolak 25 kilometer dari kota Kediri, Jawa Timur, tepatnya di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Air Terjun Irenggolo menjulang dengan relief bebatuannya yang menawan.

Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata di Gunung Wilis, Tulungagung

Menuju Air Terjun Irenggolo, membutuhkan waktu sekitar satu jam, melewati jalan berkelok yang licin, basah dan kadang ditutupi kabut.

Dalam perjalanan, kita akan disambut sahut burung berkicau riang, menari dari dahan satu ke dahan lainnya di antara rimbunnya pepohonan hijau di kawasan Irenggolo.

Air Terjun Irenggolo sendiri menjulang di ketinggian 80 meter, dengan tingkat kemiringan sekitar 40 hingga 45 derajat, membuat air terjun ini tampak begitu landai.

Bebatuannya yang unik menyerupai anak tangga.

Saat bulan Suro, kegiatan ritual dilangsungkan di air terjun ini, prosesi adat Sesaji Tirto Husodo pun dilaksanakan masyarakat Pegunungan Wilis.

Taman Kelir

Taman Kelir (Instagram Resort Kelir Kediri)
Taman Kelir (Instagram Resort Kelir Kediri)

 

Masih berada di kawasan wisata kaki Gunung Wilis, tepatnya di Desa Joho, Kecamatan Semen, Taman Kelir berdiri.

Taman Kelir yang dahulu merupakan kawasan budidaya lebah madu kini dibuka untuk umum sebagai komplek terpadu yang menawarkan beragam wahana wisata.

Cukup merogoh kocek sekitar Rp 5 ribu, kita dapat menikmati beragam spot menarik di tempat ini, salah satunya rumah pohon dan bulan sabit yang kerap jadi langganan foto wisatawan.

Selain itu, kita juga dapat melakukan beragam aktivitas seru macam river tubing, outubound, trekking, dan beragam lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini