Travel

Mirip Konser, Pernikahan di India Tarik Tiket untuk Turis

Pernikahan bisa dipasarkan.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

Ilustrasi (Wikimedia Commons Yogita)
Ilustrasi (Wikimedia Commons Yogita)

Guideku.com - Pernikahan khas India terkenal dengan acaranya yang megah dan meriah.

Di India, pernikahan merupakan selebrasi massal yang merangkum bermacam peristiwa, dari perayaan makanan, tarian, hingga beragam pesta warna yang menyegarkan pandangan.

Tak heran, pernikahan menjelma salah satu gerbang untuk memahami kebudayaan India lebih dalam.

Sebab di India, ritual ini lebih dari sekadar perayaan legalisasi dua orang yang memadu kasih bersama dua keluarga besar mereka, melainkan sebuah upacara adat yang kemeriahannya bisa menyamai perayaan satu suro di Yogyakarta dan upacara Melasti di Bali.

Tentu sebab perayaannya yang meriah dan pesta, pernikahan di India, menjadi sesuatu yang begitu eksotis bagi para wisatawan asing.

Bahkan saking tingginya antusiasme mereka, hari ini pernikahan di India dikelola bak konser musik yang menyediakan tiket khusus bagi para pelancong yang ingin menyaksikan jalannya proses tersebut.

Ilustrasi (Wikimedia Commons Will)
Ilustrasi (Wikimedia Commons Will)

 

Konon, biaya pernikahan yang selangit dan menguras kantong membuat banyak pasangan memutar otak untuk menambal krisis finansial paska pagelaran ini dihelat, dan ticketing merupakan salah satu solusi tercepat mencari dana segar. 

Pernikahan ticketing ini pun dikelola oleh Event Organizer setempat. Pasangan yang berminat dapat bergabung ke situs macam Join My Wedding.

Deret pernikahan yang terdaftar kemudian diajajakan pada para wisatawan yang berminat menonton pagelaran penting tersebut.

Melalui situs yang sama, kita dapat memilih tiket untuk varian upacara dan resepsi yang ingin kita hadiri.

''Besentuhan dengan semua unsur kebudayaan India dan merasakan kedekatan emosional dengan penduduk setempat merupakan salah satu travel goal yang ingin dipenuhi para wisatawan,'' ujar Orsi Parkanyi, CEO Join My Wedding.

Saat bergabung dengan Join My Wedding, wisatawan terlebih dahulu akan diperkenalkan dengan keluarga yang menggelar pesta pernikahan, untuk menghindari canggung dan tegang bak orang asing di suatu perhelatan.

Harga tiketnya pun bervariasi, bergantung upacara apa yang ingin kita hadiri.

Satu hari upacara dibanderol sekitar 150 dollar AS atau setara Rp 2.3 juta. Sementara untuk mengikuti upacara selama dua hingga tiga hari, kita harus merogoh kocek sebesar 250 dollar AS atau setara 3,8 juta.

Hingga hari ini, Join My Wedding telah memfasilitasi lebih dari ratusan pernikahan ticketing di seluruh India.

Berita Terkait

Berita Terkini