Travel

Pilot Lion Air JT 610 Tak Sudi Terbangkan Pesawat Rusak

Pilot pesawat Lion Air Rayish Iqbal yakin Capt Bhavye Suneja nggak akan sudi terbangkan pesawat rusak.

Dany Garjito

Ilustrasi pilot pesawat (Unsplash)
Ilustrasi pilot pesawat (Unsplash)

Guideku.com - Pilot Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan, Capt Bhavye Suneja tidak akan mau menerbangkan pesawat yang sedang dalam kondisi rusak. Itulah yang diyakini oleh pilot pesawat Lion Air lainnya, Rayish Iqbal. 

Hal tersebut disampaikan Iqbal menanggapi insiden kecelakaan Lion Air JT 610 yang dikendarai Bhavye, seperti dilansir Guideku.com dari Suara.com.

Iqbal mengklaim jika, seluruh pilot termasuk Bhavye akan rutin mengecek ulang perlengkapan sebelum menerbangkan pesawat. Pengecekan ulang, kata dia sudah lazim dilakuka seluruh pilot Lion Air sebagai salah satu standar operasional prosedur.

''Saya yakin teman saya Bhavye Suneja, dia tidak akan mau menerbangkan pesawat yang rusak, pasti dia sudah mengecek semuanya, kalau pesawat ini rusak dia enggak akan mau terbang,'' kata Iqbal di Gedung Dirgantara, Jakarta Timur, Jumat (2/11/2018).

Pilot Iqbal pun bercerita saat bertugas bersama Bhavye di Surabaya. Keduanya sempat dihadapkan dengan satu masalah yang bersumber dari salah satu bagian mesinnya.

''Pernah dulu kejadian sama dia (Bhavye), saya inget waktu di Surabaya, pesawat saya ada kerusakan di cargo, saya ngomong sama dia kalau pesawat enggak bisa terbang karena Divert Maintenance Item (DVI),'' ujar Pilot Iqbal.

Iqbal, teman pilot Pesawat Lion Air JT-610 Capt. Bhavye Suneja. (Suara.com/Ria Rizki)
Iqbal, teman pilot Pesawat Lion Air JT-610 Capt. Bhavye Suneja. (Suara.com/Ria Rizki)

 

Saat it, kata Iqbal, Bhavye langsung memintanya untuk membaca buku yang berkaitan dengan masalah tersebut. Sembari mengajari Pilot Iqbal, Bhavye langsung memutuskan untuk mengganti pesawat karena menemukan ada yang tidak layak.

''Dia nyuruh buka buku, saya buka buku, 'this no go item' (meniru Capt. Bhavye). Go item itu berarti emang enggak boleh diterbangin. 'Oh yaudah kita ganti pesawat' Bhavye ngomong gitu,'' terangnya.

Oleh karenanya, Pilot Iqbal memastikan bahwa Capt. Bhavye tidak lalai dalam menjalankan tugasnya, sebab selain seluruh pilot memiliki tanggung jawab untuk menjalani sejumlah SOP pengecekan, Capt. Bhavye pun dikenal sebagai sosok yang sangat prosedural.

Pilot Iqbal mengatakan bahwa semua pilot pasti melakukan itu karena prosedurnya seperti itu. Jadi pagi-pagi pesawat itu disiapkan dengan engineer diperiksa sama engineer, pilot dateng ke pesawat pilot juga double cross untuk make sure kalau itu benar-benar aman. 

SUARA.com/Ria Rizki Nirmala Sari

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Pengakuan Pilot: Capt Bhavye Tak Mau Terbangkan Pesawat Rusak

Berita Terkait

Berita Terkini