Travel

Unik, Pantai Rahasia Ini Jadi Tempat Renang Favorit Para Lansia

Klub kebugaran paling anti mainstream, nih!

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Sai Wan Swimming Shed (Google Maps)
Sai Wan Swimming Shed (Google Maps)

Guideku.com - Berolahraga sembari menikmati alam memang menyenangkan. Begitu pula yang dirasakan oleh para lansia ini sehingga mereka pun bersama-sama mendirikan sebuah klub renang lansia.

Meski begitu, bukannya cuma berenang di tepian pantai atau danau, klub renang yang beranggotakan sekitar 50 orang ini rupanya punya aktivitas yang terhitung anti mainstream.

Ya, meski umur tak lagi terbilang muda, rupanya para lansia ini memiliki hobi berenang dari Pelabuhan Hongkong menuju Sai Wan Swimming Shed.

Sai Wan Swimming Shed sendiri merupakan sebuah pantai rahasia di Hongkong yang terletak di antara bukit curam. Selain warga lokal, tak banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan tempat ini.

Sai Wan Swimming Shed (Google Maps)
Sai Wan Swimming Shed (Google Maps)

Di sini, warga lokal yang kebanyakan merupakan para lansia dapat menemukan sebuah tangga dan jembatan yang langsung menuju ke laut.

Selain itu, terdapat juga ruang ganti dan ruang mandi yang berbentuk seperti pondok kecil dan terbuat dari besi seng.

Untuk berenang di tempat ini sekaligus menggunakan fasilitas yang ada, klub renang lansia tersebut harus mengeluarkan uang sekitar Rp 285.000/orang per bulannya.

Sai Wan Swimming Shed (Google Maps)
Sai Wan Swimming Shed (Google Maps)

Salah seorang perenang, Lau Sam-lan, berkata bahwa dirinya sudah berenang di tempat itu selama 30 tahun lamanya. Lau sendiri sekarang berusia 74 tahun.

''Berenang di tempat ini membuatku merasa lebih sehat dan rileks,'' begitu kata Lau Sam-lan. ''Aku akan merasa tidak nyaman jika aku tidak datang kemari.''

Tidak hanya Lau saja, banyak lansia yang berpendapat serupa. Meski berenang di laut lepas yang tidak memiliki penjaga pantai terdengar berbahaya, namun para lansia ini tetap gemar melakukannya.

Bagi mereka, berenang di Sai Wan Swimming Shed jauh lebih menyehatkan ketimbang berenang di kolam renang biasa.

Sai Wan Swimming Shed (Google Maps)
Sai Wan Swimming Shed (Google Maps)

Selain itu, perlu kamu tahu kalau Sai Wan Swimming Shed sebenarnya bukan merupakan satu-satunya pantai rahasia di Hongkong, lho.

Dulu, tempat-tempat berenang rahasia seperti ini dapat ditemukan di sepanjang pesisir pantai dan pelabuhan. Namun, seiring berjalannya waktu, polusi pun membuat tempat-tempat itu terpaksa ditutup.

Pada akhirnya, Sai Wan Swimming Shed adalah satu-satunya yang tersisa.

Maka, tak heran jika pemerintah pun berusaha untuk menciptakan lingkungan pelabuhan yang lebih bersih demi meningkatkan kualitas air di Sai Wan Swimming Shed. Dengan begini, maka aktivitas klub renang lansia pun dapat terus berjalan.

Berita Terkait

Berita Terkini