Pesawat Bawa Durian 3 Ton, Penumpang Ngotot Turun

Suka durian boleh tapi nggak segitunya juga.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Selasa, 06 November 2018 | 20:00 WIB
Durian (Unsplash/Jonny Clow)

Durian (Unsplash/Jonny Clow)

Guideku.com - Terkenal sebagai buah yang berbau menyengat, tak heran jika peraturan membawa durian di pesawat sangatlah ketat. Selain demi alasan keamanan, hal ini juga memengaruhi kenyamanan penumpang.

Namun, sebuah insiden yang melibatkan maskapai Sriwijaya Air baru-baru ini terjadi. Salah seorang penumpang di sana, Amir Zidane, membagikan kisahnya yang langsung menjadi viral di media sosial.

Amir Zidane merupakan bagian dari band Steven & Coconuttreez yang baru saja merampungkan pertunjukan di acara Sounsation Pantai Panjang, Bengkulu. Saat itu, dia dan teman-temannya hendak kembali ke ibukota dengan menumpang Sriwijaya Air.

Baca Juga: 4 Aktivitas Seru di Surabaya untuk Peringati Hari Pahlawan

Apes baginya, baru beberapa langkah masuk pesawat, Amir dan kru sudah disambut aroma durian yang begitu kuat. Belum lagi, AC pesawat masih dalam kondisi mati.

Curhat Penumpang Soal Durian di Pesawat (facebook.com/Amir Zidane)
Curhat Penumpang Soal Durian di Pesawat (facebook.com/Amir Zidane)

 

Merasa tak nyaman, penumpang ini pun memanggil pramugari untuk menyampaikan komplainnya. Tapi, pramugari tersebut malah memberinya kertas komplain untuk diisi sementara dia berbicara dengan petugas yang berwenang.

Baca Juga: Ini Permintaan Mariah Carey Pertama Kali Injakkan Kaki di Jogja

Tak heran jika Amir menganggap bahwa komplainnya tidak dianggap serius. Pada akhirnya, dia pun turut menghampiri sang pramugari dan petugas yang berwenang.

Sayang, alih-alih dapat tanggapan serius, petugas tersebut malah berkata jika pesawat sudah siap take-off dan bau durian dipastikan menghilang saat sudah di atas nanti. Duh!

Curhat Penumpang Soal Durian di Pesawat (facebook.com/Amir Zidane)
Curhat Penumpang Soal Durian di Pesawat (facebook.com/Amir Zidane)

 

Baca Juga: Unggah Foto Liburan, Brooklyn Beckham Dituduh Rasis, Ada Apa?

Untunglah Amir Zidane tidak menyerah begitu saja. Dia pun bertanya pada penumpang lainnya apakah mereka masih mau terbang dengan menggunakan pesawat tersebut. Kontan, semua penumpang pun menjawab tidak.

Pada akhirnya, komplain ramai-ramai dari penumpang ini pun mendapat tanggapan. Si petugas bahkan mengaku jika durian yang mereka bawa di bagasi ada sekitar 3 ton.

Setelah sempat bersitegang, barulah pihak maskapai setuju untuk menurunkan durian-durian tersebut. Namun, untuk memastikan agar petugas tersebut tak berbohong, Amir pun meminta agar ada saksi yang melihat proses penurunan durian.

Baca Juga: Pramugari Lion Air Ini Jadi Ratu Kecantikan Lho, Cihuy Banget

Dari video yang diambil penumpang bernama M. Rival Himran, dapat dilihat petugas bagasi yang tengah menurunkan paket seberat 3 ton berisi durian.

Curhat Penumpang Soal Durian di Pesawat (facebook.com/Amir Zidane)
Curhat Penumpang Soal Durian di Pesawat (facebook.com/Amir Zidane)

 

Pesawat baru bisa lepas landas setelah semua durian yang ada diturunkan dan penumpang kembali masuk. Maskapai dengan nomor penerbangan SJ091 ini pun lepas landas pukul 12.05 dan mendarat pukul 13.00 WIB.

Sayangnya, perkara belum berakhir sampai di situ. Pramugari yang tadi melayani Amir Zidane tahu-tahu menghampirinya di terminal kedatangan untuk meminta maaf.

Dikutip dari laman Facebook Amir Zidane, pramugari tersebut meminta maaf atas kejadian tang terjadi dan memberi tahu bahwa ''Kita tidak bisa berbuat apa-apa. Asal Bapak tahu, kapten pilot sudah memberi warning akan ada masalah dengan durian-durian tersebut, jumlahnya sangat banyak, dan packagingnya jelek.''

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa pilot pun sebenarnya tidak setuju untuk terbang dengan kargo durian seberat 3 ton.

Selain itu, hingga berita ini turun, masih belum bisa dipastikan siapa yang menyuruh maskapai Sriwijaya Air untuk tetap terbang terlepas dari muatan 3 ton durian yang telah membuat para penumpang resah.

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak