Travel

Mantap, Destinasi Wisata Ini Dijamin Tahan Bom Nuklir

Inikah tempat wisata teraman di dunia?

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Secret Soviet Bunker (facebook.com/Secret Soviet Bunker)
Secret Soviet Bunker (facebook.com/Secret Soviet Bunker)

Guideku.com - Setelah tersembunyi selama puluhan tahun, sebuah bunker rahasia di Latvia akhirnya dibuka untuk publik dalam rangka memperingati 100 tahun kemerdekaan Latvia. Bunker ini pun sukses menjadi destinasi wisata baru yang menarik minat wisatawan.

Terletak 9 meter di bawah tanah, bunker bernama The Pension ini merupakan bekas peninggalan masa Perang Dingin yang masih terjaga apik. Tidak heran, keberadaan bunker ini sempat tidak diketahui hingga tahun 2003 silam.

The Pension sendiri dulunya digunakan sebagai markas operasi intelejen USSR. Dengan luas sekitar 2.000 m2, bunker ini dilengkapi fasilitas seperti pembangkit listrik, persediaan makanan dan air, hingga peralatan agen rahasia.

Namun, kini bunker The Pension sudah berubah menjadi tempat wisata yang dapat dikunjungi turis saat berkunjung ke Latvia. Lokasinya berada di Kota Ligatne, 80 km dari ibukota Latvia.

Secret Soviet Bunker (Google Maps)
Secret Soviet Bunker (Google Maps)

Di bunker The Pension ini, wisatawan dapat berjalan-jalan mengunjungi ruangan dalam bunker sambil menjelaskan arahan pemandu wisata.

Meski umurnya bisa dibilang cukup tua, namun interior bunker ini masih asli lho, travelers! Begitu pula dengan furniturnya, yang telah berhasil direstorasi sehingga masih tampak mengilap.

Beberapa ruangan yang dapat dikunjungi di sini antara lain adalah War Room (ruangan perang) yang digunakan sebagai tempat menyusun strategi, ruang makan, dan kamar tidur.

Secret Soviet Bunker (Google Maps)
Secret Soviet Bunker (Google Maps)

Travelers juga bisa melihat aneka dekorasi zaman Perang Dingin seperti bendera, patung Lenin, peta kuno, buku-buku karangan politikus Uni Soviet, dan peralatan sehari-hari yang mereka gunakan.

Meski begitu, kelebihan utama destinasi wisata baru di Latvia ini tampaknya berada pada segi keamanan.

Tidak tanggung-tanggung, bunker rahasia ini rupanya memiliki dinding beton setebal 4,5 meter yang konon dapat melindungimu dari bom nuklir sekalipun! Wow banget, kan?

Dengan kapasitas 250 orang, travelers yang berada di dalam bunker ini dijamin aman selama tur berlangsung.

Tertarik untuk mencoba menjejakkan kaki di destinasi wisata baru yang super aman ini?

Berita Terkait

Berita Terkini