Travel

Motret Menara Eiffel Bisa Kena Hukum, Eh Kok Bisa?

Catat baik-baik ya gaes!

Dinar Surya Oktarini | Aditya Prasanda

(Wikimedia NonOmnisMoriar)
(Wikimedia NonOmnisMoriar)

Guideku.com - Siapa yang tidak ingin berfoto romantis berlatar Menara Eiffel?

Sementara jutaan orang di dunia telah melakoninya, mungkin jutaan lainnya punya impian serupa.

Terlebih saat malam telah menggelayuti Paris, dan kecantikan The City of Lights kian terpancar, Menara Eiffel pun jadi jaminan paripurna untuk menggambarkan cantiknya vakansi malam hari di ibu kota Prancis tersebut.

Namun harapan tinggalah harapan, kenyataaannya, kita ternyata tidak diizinkan untuk mengambil gambar berlatar Menara Eiffel saat lampunya menyala di malam hari.

Bahkan kegiatan memotret Menara Eiiffel saat tengah mempertunjukkan atraksi lampunya dianggap sebagai aktivitas yang ilegal.

Usut punya usut, hal ini disebabkan pertunjukan artistik lampu-lampu Menara Eiffel dilindungi oleh hak cipta Uni Eropa.

Otoritas turisme setempat, Société d'Exploitation de la Tour Eiffel (SETE) menyebut setiap wisatawan harus memohon izin pada pihaknya terlebih dahulu, jika hendak memotret Menara Eiffel pada malam hari kala pertunjukan lampu tengah dimainkan.

(Wikimedia Artico2)
(Wikimedia Artico2)

Kerlap-kerlip lampu Menara Eiffel ini dirancang tahun 1985 oleh seniman Pierre Bideau dan hak cipta tersebut pun diunggah atas namanya.

Setiap sore hingga pukul satu dini hari, lampu-lampu Menara Eiffel akan menyala selama lima menit setiap jamnya.

(Wikimedia Tognopop)
(Wikimedia Tognopop)

Betapapun hingga hari ini belum ada wisatawan yang dikriminalisasi akibat memotret pertunjukan lampu Eiffel, ada baiknya kamu berhati-hati ya jika ingin mengabadikan momen bersama lampu-lampu ini. Pintalah izin pada otoritas setempat atau hindari sama sekali. Toh, Prancis tak hanya melulu Menara Eiffel, ada 1001 keajaiban lainnya di negeri Napoleon tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini