Travel

Bikini Atoll, Inspirasi Kartun Spongebob Karya Stephen Hillenburg

Beginilah awal mula Bikini Bottom.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Bikini Bottom (Spongebob Wikia)
Bikini Bottom (Spongebob Wikia)

Guideku.com - Kabar duka baru saja datang dari dunia kartun. Stephen Hillenburg, pencipta kartun Spongebob Squarepants yang legendaris, dikabarkan wafat pada usia 57 tahun.

Stephen Hillenburg meninggal dunia akibat oenyakit ALS atau yang lebih dikenal dengan nama penyakit Lou Gehrig's. Pengumuman wafatnya Stephen Hillenburg ini dikeluarkan oleh Nickelodeon, channel yang telah menyiarkan kartun Spongebob Squarepants sejak 1999 silam.

Tak bisa dipungkiri, tokoh Spongebob Squarepants yang berupa spons laut kuning cerah dan teman-temannya memang begitu akrab dan dekat dengan kehidupan kita semua.

Begitu pula dengan Bikini Bottom, dunia bawah laut buatan Stephen Hillenburg yang menjadi tempat tinggal Spongebob, Patrick, Squidward, dan lain-lain.

Bikini Bottom (Spongebob Wikia)
Bikini Bottom (Spongebob Wikia)

Namun, tahukah kamu kalau Bikini Bottom ini sebenarnya didasarkan pada sebuah pulau di dunia nyata yang bernama Bikini Atoll?

Terletak di daerah kepulauan Mironesia, tepatnya di Samudra Pasifik, adalah sebuah pulau yang sepintas tampak indah nan asri. Mirip seperti pulau yang kadang dikunjungi Spongebob, Bikini Atoll ini juga ditumbuhi pohon palem.

Tak hanya itu, perairan di sekitar Bikini Atoll pun dipenuhi terumbu karang dan aneka macam ikan yang berwarna-warni. Kedengarannya persis dengan Bikini Bottom, kan?

Bikini Atoll (Wikimedia Commons)
Bikini Atoll (Wikimedia Commons)

Sayangnya, di balik keindahan tersebut, rupanya Bikini Atoll pernah dijadikan pulau untuk percobaan bom nuklir Amerika Serikat. Total, ada 23 bom yang sudah dijatuhkan di pulau ini sehingga Bikini Atoll pun menjadi tak bisa dihuni manusia.

Meski begitu, alih-alih meninggalkan kesan seram, banyak yang berharap agar kondisi di Bikini Atoll dapat segera pulih agar bisa dikunjungi wisatawan.

Hal ini tentu tak lepas dari peran Stephen Hillenburg, yang telah menciptakan Bikini Bottom sebagai salah satu tempat favorit anak-anak di seluruh dunia.

Apa kamu juga tertarik untuk mengintip lokasi Spongebob Squrepants di dunia nyata ini suatu hari nanti?

Berita Terkait

Berita Terkini