Travel

Video Harimau Makan Tanah Viral, Ini Tanggapan Pengelola Kebun Binatang

Tidakkah semua mahluk hidup berhak atas perlakuan yang semestinya?

Dany Garjito | Aditya Prasanda

(Wikimedia Susuma)
(Wikimedia Susuma)

Guideku.com - ''Sangat kurus layaknya sepotong kayu bakar, begitu lapar hingga harus menyantap tanah,'' demikian tulisan pengantar dalam rekaman video harimau benggala putih yang tengah viral di media sosial Cina, Weibo tersebut.

Dalam video berdurasi 15 detik itu, si penghuni Kebun Binatang Wuhan tampak begitu kurus, ringkih dan kelaparan hingga harus memakan tanah di kandangnya sendiri.

Sang pengunggah video, Wang melalui wawancaranya bersama Pear Video mengaku geram dengan keadaan yang ia saksikan. Sebab tak satupun makanan tampak berada di sekitar kandang sang harimau.

Ia mengutuk perlakuan tak semestinya dari pegawai kebun binatang yang tega menelantarkan harimau tersebut.

Cetak layar (Weibo)
Cetak layar (Weibo)

 

Dikutip dari Mirror, otoritas Kebun Binatang Wuhan membantah telah menelantarkan harimau benggala putih terkait video viral itu, sebaliknya mereka menyatakan harimau itu tengah berada dalam keadaaan sehat.

Dalam klarifikasinya melalui akun resmi Kebun Binatang Wuhan di Weibo, pihak kebun binatang mengaku harimau tersebut baru saja diberi makan ayam sesaat sebelum video tersebut diambil.

BACA JUGA: Kalender Event Wisata 2019 Lengkap sampai Desember, Catat Yuk

Harimau benggala dewasa yang diketahui berusia tujuh tahun dengan bobot 120 kilogram itu disebut tengah berada dalam keadaan sehat dan memiliki nafsu makan yang baik.

Tentu klarifikasi ini menimbulkan pertanyaan besar, sebab menurut laporan WWF, rata-rata harimau benggala dewasa dapat memiliki bobot sekitar 550 pound atau setara 249 kilogram.

(Wikiwand)
Ilustrasi harimau bengal putih dewasa (Wikiwand)

 

Harimau benggala putih termasuk spesies yang sangat langka, warnanya yang khas disebabkan kekurangan pigmen pheomelanin.

Sementara itu hari ini diperkirakan terdapat 2.500 harimau benggala yang berkeliaran di alam liar di seluruh penjuru dunia.

Berita Terkini