Asyik, Maskapai Turunkan Harga Tiket Pesawat

Indonesia National Air Carrier Association sepakat turunkan harga tiket pesawat.

Dany Garjito
Senin, 14 Januari 2019 | 07:59 WIB
6 Bandara Unik, DIjamin Tidak Bosan (Pixabay)

6 Bandara Unik, DIjamin Tidak Bosan (Pixabay)

Guideku.com - Maskapai turunkan harga tiket pesawat. Penurunan harga tiket pesawat ini disepakati oleh Indonesia National Air Carrier Association (INACA) atau Asosiasi Maskapai Dalam Negeri.

INACA berani menurunkan harga tiket pesawat setelah didukung dengan adanya insentif dari pemangku kepentingan soal biaya operasi.

Dilansir dari SUARA.com, Ketua Umum INACA, Ari Askhara mengatakan beberapa komponen biaya operasional penerbangan saat ini masih membebani maskapai. Misalnya saja, harga bahan bakar Avtur yang dinilai masih tinggi. Sebanyak 40-45 persen harga bahan bakar Avtur membebani biaya operasi sekali penerbangan.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Selangit, Warganet : Program 2019 Tanpa LDR

Mengacu pada data Pertamina Aviation, harga Avtur per Desember 2018 di Bandara Soekarno - Hata Tangerang, dipatok sebesar 58,60 sen dolar AS per liter.

"Dampaknya terhadap kinerja yang tadinya megap-megap, Ini ada Pak Awaludin (Angkasa Pura II), Pak Faik (Angkasa Pura I), Pak Novie (AirNav Indonesia) kita dapatkan support, sehingga kita bisa mengurangi biaya yang ditanggung airline. Beliau sudah komitemen untuk segera menurunkan biaya-biaya variable maskapai," ujarnya saat konferensi pers di Restoran Batik Kuring, Kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (13/1/2019) dikutip dari SUARA.com.

Ari menambahkan, jika ‎para maskapai mendapatkan kepastian adanya penurunan harga bahan bakar tersebut, maka maskapai tak segan-segan lagi untuk menurunkan harga tarif pesawat.

Baca Juga: Anggun Bak Mona Lisa, Anjing Bakal Jadi Tokoh Utama di Museum Baru Ini

"Jadi kita udah dapat support dari BUMN, ESDM dan Kemenhub bahwa akan turunkan harga avtur khususnya di Jakarta," tutur Ari.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya bersama Angkasa Pura I akan memberikan insentif berupa diskon dari Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan, dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U). D

Diskon tersebut misalnya pelayanan jasa pendaratan, jasa parkir pesawat, hingga jasa inap pesawat. Namun Awaluddin enggan menyebutkan berapa diskon yang diberikan kepada maskapai.

Baca Juga: Arti Kata dan Alasan Mengapa Warga di Cina Suka Ngomong 'Aiya'

"‎Sepertinya ini lebih dinamis penetapan tarif. Intinya ini business to business dengan maskapai," pungkas Awaluddin.

SUARA.com/Achmad Fauzi

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Maskapai Turunkan Harga Tiket Setelah Ada Kepastian Harga Avtur Turun 

Baca Juga: Terbesar di Asia Tenggara, Starbucks Coffee Sanctuary Resmi Buka di Bali

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak