Travel

Tahun 2020, Seluruh Transportasi Umum di Negara Ini Digratiskan!

Semua dilakukan agar lebih mudah.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

(Pixabay Djedj)
(Pixabay Djedj)

Guideku.com - Luksemburg, salah satu negara terkecil di Eropa dengan luas sekitar 2.586 kilometer persegi ini tengah berusaha mengentaskan kemacetan parah di negara mereka.

Terhitung Maret 2020, pemerintah Luksemburg berencana akan memberikan akses transportasi umum gratis agar penduduknya lebih banyak menaiki kereta, trem dan bus ketimbang kendaraan pribadi.

Juru Bicara Kementerian Transportasi dan Pekerjaan Umum Luksemburg, Dany Frank berharap rencana ini dapat meminimalisir polusi udara di negara berpenghuni 602 ribu penduduk tersebut.

(Pixabay Hpgruesen)
(Pixabay Hpgruesen)

Luksemburg yang juga dikenal sebagai negara terkaya di Eropa merupakan salah satu negara dengan PDB per kapita tertinggi se-Uni Eropa.

Sebab hal itu, biaya properti di negara ini membengkak, membuat sekitar 180 ribu penduduk yang bermukim di ibu kota, Luksemburg City terpaksa berpindah ke kawasan pinggiran.

Keadaan ini membuat banyak penduduk yang mata pencahariannya di pusat kota terpaksa menempuh perjalanan bolak-balik setiap harinya.

Hal ini lantas menyebabkan kemacetan tak terhindarkan.

Sepanjang tahun ini, pemerintah Luksemburg tengah merinci biaya yang akan dikeluarkan untuk menggaji karyawan dan merawat fasilitas umum saat tarif gratis diterapkan tahun 2020, menilik laporan CNN.com.

Berita Terkait

Berita Terkini