Travel

Sempat Diizinkan, China Kini Larang Pilot Merokok di Kokpit Pesawat

Diam-diam pilot ternyata pernah merokok di kokpit.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Ilustrasi kokpit pesawat. (Unsplash/Caleb Woods)
Ilustrasi kokpit pesawat. (Unsplash/Caleb Woods)

Guideku.com - Kita semua tahu kalau merokok di pesawat tidak diizinkan bagi penumpang. Demi alasan keselamatan, apa pun yang menyebabkan timbulnya api dan asap memang dilarang di pesawat.

Namun, tahukah kamu kalau pilot di China ternyata sempat diperbolehkan merokok di kokpit?

Dihimpun dari laman Asia One, opsi untuk memperbolehkan pilot merokok di kokpit ini rupanya sempat menimbulkan isu dalam salah satu penerbangan maskapai Air China.

Saat itu, salah seorang kopilot yang merokok menggunakan rokok elektronik tidak sengaja mematikan AC dalam pesawat dan membuat asap rokoknya menyebar ke penjuru kabin.

Akibatnya, masker oksigen pun otomatis keluar dan pesawat dipaksa menurunkan ketinggian karena situasi emergensi.

Ilustrasi Dilarang Merokok di Pesawat (Unsplash/gusruballo)
Ilustrasi Dilarang Merokok di Pesawat (Unsplash/gusruballo)

 

Butuh waktu sampai penyebab asap tersebut diketahui dan penerbangan dapat kembali dilanjutkan.

Meski begitu, akibat dari adanya insiden ini, Civil Aviation Administration of China pun akhirnya melarang keras pilot merokok di kokpit.

Dengan adanya aturan ini, pilot yang ketahuan merokok di kokpit akan diskors selama 12 bulan saat pertama kali tertangkap dan 36 bulan untuk yang mengulangi perbuatannya.

Sementara, kru yang memergoki pilot dan kopilot merokok tapi tidak berusaha menghentikan akan diskors selama 6 bulan lamanya.

Kalau penumpang saja bisa tidak merokok selama penerbangan, sudah seharusnya pilot yang bertugas juga tidak merokok saat menerbangkan pesawat, bukan?

Berita Terkini