Travel

Berlagak Polos, Pria Ini Terang-terangan Curi Lukisan di Siang Bolong

Aksi dan alasannya bikin geleng-geleng kepala

Angga Roni Priambodo | Amertiya Saraswati

Ilustrasi Lukisan di Museum (Pixabay/12019)
Ilustrasi Lukisan di Museum (Pixabay/12019)

Guideku.com - Sebuah aksi pencurian di museum belum lama ini berhasil dilakukan di Tretyakov Gallery, Moscow. Yang mengejutkan, pencurian tersebut terjadi di siang bolong.

Lewat kamera CCTV yang terpajang di museum tersebut, dapat dilihat pencuri itu berbaur dengan pengunjung lainnya.

Kemudian, dengan tenang, si pencuri pun menghampiri salah satu lukisan, melepasnya dari dinding, dan membawanya keluar dari galeri.

Dikutip dari laman Hyperallergic, lukisan yang diambil disebut diidentifikasi berasal dari tahun 1908 dan berharga 185.000 USD atau sekitar 2,6 miliar rupiah.

Pria Curi Lukisan dari Museum di Siang Bolong (youtube.com/RT)
Pria Curi Lukisan dari Museum di Siang Bolong (youtube.com/RT)

Dari rekaman CCTV pula, bisa dilihat bahwa pengunjung yang ada sama sekali tidak curiga. Malahan, mereka mengira pencuri ini sebagai staf galeri.

Meski begitu, keberhasilan trik mencuri lukisan secara terang-terangan ini tak bertahan lama.

Pada akhirnya, pencuri berusia 31 tahun itu berhasil diamankan. Lukisan yang dicurinya dan disembunyikan di tempat konstruksi pun berhasil ditemukan.

Saat ditanya, pencuri ini pun mengaku bahwa dia tak bersalah dan dia sama sekali tidak ingat sudah melakukan aksi pencurian di siang bolong tersebut.

Di sisi lain, insiden pencurian ini pun mendorong pihak keamanan galeri melakukan penilaian ulang terhadap sistem keamanan mereka yang dianggap bermasalah.

Berita Terkait

Berita Terkini