Travel

Banjir Bandang, Buaya Panjat Pohon di Australia

Warga diminta waspada terhadap kemunculan buaya.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Ilustrasi Buaya Saat Banjir (Pixabay/cherrywalker)
Ilustrasi Buaya Saat Banjir (Pixabay/cherrywalker)

Guideku.com - Wilayah Townsville di Queensland, Australia sudah dilanda banjir bandang selama hampir seminggu ini. Akibat dari banjir tersebut, beberapa ekor buaya pun dikabarkan ikut terbawa arus dan masuk ke pemukiman.

Banjir di Townsville sendiri disebabkan oleh hujan deras selama seminggu terakhir sehingga ketinggian air naik sampai sekitar 1 meter banyaknya.

Seperti dikutip dari laman ABC News, banjir bandang ini merupakan salah satu yang terbesar di Queensland dan terjadi satu kali setiap 100 tahun.

Tak heran, beberapa ekor buaya pun sampai ikut terbawa arus dan berakhir terlihat di jalanan Townsville. Salah satu buaya tersebut bahkan memiliki panjang 3,5 meter.

Buaya di Jalanan Akibat Banhir Bandang Australia (facebook.com/Erin Hahn)
Buaya di Jalanan Akibat Banhir Bandang Australia (facebook.com/Erin Hahn)

 

''Buaya menyukai air yang tenang dan mereka bergerak mencari tempat yang tenang sambil menunggu banjir surut,'' kata Menteri Lingkungan Queensland menyoal banjir yang terjadi.

Tak cuma terlihat menyeberangi jalanan, foto buaya yang sedang memanjat pohon di tengah banjir pun sempat beredar di media sosial.

''Ketika banjir surut, buaya juga dapat muncul di tempat-tempat tak terduga seperti bendungan atau lubang air. Mirip dengan buaya, ular juga pandai berenang dan mungkin akan terlihat,'' begitu peringatan yang dikeluarkan oleh pihak Townsville.

Buaya di Jalanan Akibat Banhir Bandang Australia (twitter.com/7NewsTownsville)
Buaya di Jalanan Akibat Banhir Bandang Australia (twitter.com/7NewsTownsville)

 

Akibat dari banjir ini sendiri, sebanyak 900 orang warga terpaksa dievakuasi sementara sekolah lokal ditutup.

Hingga kini pun, hujan deras masih melanda wilayah Townsville. Sementara itu Biro Meteorologi setempat menyatakan bahwa kondisi masih akan berubah-ubah secara cepat dan berkelanjutan.

Sebagai tambahan, warga pun diminta waspada akan kemunculan buaya dan ular di jalanan serta untuk segera melaporkan penampakan buaya kepada pihak yang berwenang.

Berita Terkait

Berita Terkini