Travel

Hore, Pulang Kampung ke Sumatera Kini Bisa Lewat Tol Bakauheni - Palembang

Lebaran tahun ini, buat kamu yang ingin mudik bisa menggunakan akses tol Bakauheni - Palembang.

Dany Garjito

Ilustrasi Traveling Tahun 2030 (Unsplash)
Ilustrasi Traveling Tahun 2030 (Unsplash)

Guideku.com - Lebaran tahun 2019 ini bisa dipastikan masyarakat yang ingin pulang kampung atau mudik ke sejumlah wilayah di Sumatera bisa menggunakan akses jalan tol Bakauheni - Palembang.

Dikutip dari Suara.com, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengungkapkan, lewat jalan tol tersebut waktu tempuh akan menjadi lebih singkat.

"Insya Allah dari Bakauheni - Palembang bisa ditempuh yang semula belum ada jalan tol memerlukan waktu 12 jam, ini nanti bisa ditempuh hanya 5-6 jam saja," katanya dalam Seminar di Graha CIMB Niaga, Kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Bintang mengatakan, pembangunan jalan tol Trans Sumatera ‎terus dikebut. Dia memaparkan, saat ini tol Trans Sumatera yang telah terbangun diantaranya, Medan - Binjai sepanjang 17 kilometer dan Palembang - Indralaya sepanjang 22 kilometer.

Pembangunan jalan tol Trans Sumatera. [Dok Kementerian PUPR]
Pembangunan jalan tol Trans Sumatera. [Dok Kementerian PUPR]

"‎Kemudian Bakauheni - Terbanggi Besar 140 kilometer sudah beroperasi tapi belum berbayar. Patang Baru - Dumai 131 kilometer sudah selesai 51 kilometer," ungkapnya.

Bintang menambahkan, pembangunan jalan tol tidak semata-mata hanya membangun saja. Pembangunan tol Trans Sumatera ini diharapkan dapat menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di Indonesia, sehingga tidak terpusat di Pulau Jawa saja.

"Jadi bukan sekedar bangun jalan tol tetapi akan berkembang pusat-pusat ekonomi baru yang nantinya akan ikut membangun perkembangan Indonesia, ini tidak terpusat di Jawa saja, jadi mulai dari Sumatera ke Banda Aceh ke Bakauheni," pungkasnya.

Sebagai informasi, tol Trans Sumatera mempunyai panjang kurang lebih 2.700 kilometer. Adapun investasi pembangunan jalan tol Trans Sumatera mencapai Rp 250 triliun.

SUARA.com/Achmad Fauzi

Berita Terkait

Berita Terkini