Travel

Nggak Habis Pikir, Demi Tolak Bala, Penumpang Lempar Koin ke Mesin Pesawat

Bukan jauh dari nestapa, justru dekat dengan petaka.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

Ilustrasi pesawat. (Unsplash/John Cameron)
Ilustrasi pesawat. (Unsplash/John Cameron)

Guideku.com - Belum lama ini, pihak keamanan Bandar Udara Anqing Tianzhushan di Provinsi Anhui menemukan dua koin di mesin  sebelah kiri pesawat Lucky Air dengan kode penerbangan 8L9960 tujuan Kunming, China.

Saat investigasi dilakukan, pihak keamanan berhasil menahan seorang penumpang bernama Lu. Ia mengaku melempar koin tersebut sebagai doa agar penerbangan mereka selamat dan jauh dari musibah.

Penemuan dua koin tersebut sudah barang tentu menggemparkan pihak maskapai penerbangan. Sebab benda sekecil apapun yang masuk ke dalam mesin pesawat dapat mengakibatkan kerusakan fatal yang tak diharapkan.

(Pixabay Little Visual)
(Pixabay Little Visual)

Dengan alasan keamanan, penerbangan pun dibatalkan dan 161 penumpang terpaksa menunggu penerbangan selanjutnya ke Kunming hingga hari berikutnya.

Akibat pembatalan keberangkatan pesawat, laporan Shanghai.ist menyebut otoritas Lucky Air menderita kerugian sebesar 20 ribu Dollar atau setara Rp 280 juta.

(Pixabay Skeeze)
(Pixabay Skeeze)

Insiden pelemparan koin di mesin pesawat ini merupakan kali keempat terjadi di China. Dan tiga dari insiden tersebut terjadi di bandara yang sama, Anqing Tianzhushan.

Sebelumnya, dua orang nenek dalam penerbangan yang berbeda telah menyebabkan China Southern Airlines dan China Eastern Airlines dibatalkan sebab petugas menemukan koin di mesin pesawat.

Dengan alasan yang sama demi menghindari sial dan musibah, keduanya memasukkan koin yang mengakibatkan kerusakan pada mesin pesawat dan otoritas penerbangan mengalami kerugian hingga miliaran rupiah.

Beruntung kedua wanita berusia senja tersebut tak ditahan, setelah aparat mempertimbangkan usia mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini