Travel

20 Tahun Jadi Pilot Palsu, Aksinya Terbongkar Gara-gara Ini

Sebelumnya tak ada yang curiga dengan pilot ini.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Ilustrasi Pilot (Pixabay/ImCockpit)
Ilustrasi Pilot (Pixabay/ImCockpit)

Guideku.com - Tak sedikit orang yang ingin berprofesi sebagai pilot. Meski begitu, para pilot juga diketahui butuh latihan bertahun-tahun sebelum akhirnya bisa mendapat lisensi untuk menerbangkan pesawat.

Barangkali, hal itulah yang mendorong lelaki bernama William Chandler ini untuk menjadi pilot palsu alih-alih mengikuti latihan yang semestinya.

Dihimpun Guideku.com dari Mirror, Chandler diketahui sudah menjadi pilot selama 20 tahun lamanya di South African Airways (SAA).

Meski begitu, penyamarannya ini terbongkar saat Chandler mendapat kontrol untuk mengemudikan pesawat dan malah membuat pesawat melakukan manuver yang membingungkan.

Ilustrasi Pilot Pesawat Terbang (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi Pilot Pesawat Terbang (Pixabay/StockSnap)

Dalam penerbangan dari OR Tambo International Airport ke Jerman tersebut, pesawat tahu-tahu tertangkap melakukan gerakan aneh di atas langit Swiss.

Laporan SAA menyebutkan, ''Ada beberapa gerakan aneh yang dilakukan oleh pesawat di udara dan tidak dimengerti oleh siapa pun, bahkan oleh kru kabin lainnya.''

''Ketika mendarat, mereka harus menulis laporan keselamatan, dan ternyata ada masalah dengan pesawat akibat gerakan aneh yang telah dilakukan.''

Dari sanalah, pihak maskapai mulai merasa curiga dan melakukan investigasi atas William Chandler.

Ilustrasi Pilot (Pixabay/skeeze)
Ilustrasi Pilot (Pixabay/skeeze)

Setelah 20 tahun lamanya, akhirnya pihak SAA pun mengungkap bahwa lisensi pilot yang selama ini digunakan Chandler adalah palsu.

Tidak hanya itu, Chandler sendiri juga menolak dipromosikan ke posisi kapten karena promosi itu mengharuskannya untuk mengumpulkan sertifikat lisensi terbang.

Padahal, pilot-pilot lainnya yang bergabung di tahun yang sama dengan Chandler sudah lama diangkat ke posisi kapten pesawat.

Diketahui pula, Chandler sebelumnya bekerja di South African Airways sebagai insinyur penerbangan sebelum akhirnya beralih menjadi pilot.

Chandler sendiri akhirnya memilih untuk langsung mengundurkan diri, tepat setelah kabar bahwa dirinya memalsukan lisensi pilot beredar dan investigasi dilakukan.

Berita Terkait

Berita Terkini