Hormati Hari Raya Nyepi, Tol Bali Mandara Ditutup Selama 32 Jam

Penutupan dimulai Rabu (6/3) pukul 23:00 Wita, dan dibuka kembali pada Jumat.

Dany Garjito
Rabu, 06 Maret 2019 | 07:30 WIB
Nyepi di Bali (Wikimedia Commons)

Nyepi di Bali (Wikimedia Commons)

Guideku.com - Selama perayaan Hari Raya Nyepi pada 7 Maret mendatang, Tol Bali Mandara akan ditutup operasionalnya selama 32 jam.

Tol yang menghubungkan Kota Denpasar dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung akan ditutup demi menghormati perayaan Hari Raya Nyepi.

"Penutupan dimulai hari Rabu (6/3) pukul 23:00 Wita, dan akan dibuka kembali pada hari Jumat (8/3) mulai pukul 07.00 Wita," kata Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol Enkky Sasono AW, dikutip dari Antara--jaringan Suara.com.

Baca Juga: Tak Ada di Traveloka, Beli Tiket Pesawat AirAsia di Mana ?

Sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, untuk menghormati perayaan hari besar keagamaan umat Hindu di Bali, maka diberlakukan kebijakan penutupan sementara tol di atas perairan tersebut.

Hal tersebut juga memperhatikan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 003.1/11367/PK/BKD, tanggal 21 November 2018, tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2019.

Meskipun tol ditutup pada waktu yang sudah ditentukan itu, namun tidak menutup kemungkinan tol akan dipergunakan dalam situasi darurat seperti mobil ambulans, pemadam kebakaran dan lainnya.

Baca Juga: Terjadi Musiman, Ini 4 Tips Menangkap Kemegahan Aurora Borealis

Walaupun ada pengecualian itu, pihaknya menyarankan agar pengemudi kendaraan yang dikategorikan darurat itu selalu didampingi oleh pecalang. Hal tersebut sebagai salah satu langkah sesuai SOP yang sudah ada.

Sementara itu, General Manager Operation & Maintenance PT Jasamarga Bali Tol, Ahmad Izzi mengatakan, bahwa dalam mendukung kegiatan masyarakat pada kegiatan upacara Melasti (salah satu rangkaian Nyepi) di Teluk Benoa, patroli jalan tol telah membantu pengaturan lalu lintas dari perempatan Pesanggaran ke arah Pelabuhan Benoa sampai ke lokasi melasti.

Izzi mengungkapkan pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian dan pecalang (petugas pengamanan adat) membuat contra flow sementara jalan akses Pelabuhan Benoa, pada hari Senin (4/3) mulai dari pukul 06.00- 14.00 Wita.

Baca Juga: Ngeri Euy, Resto Bandung Pakai Dolar, Es Teh 70 Juta, Total Habis 3 Miliar

"Jadi, jalan akses dari depo Pertamina ke arah Pelabuhan Benoa sampai dengan lokasi melasti dipakai khusus masyarakat yang akan melaksanakan upacara Melasti. Sedangkan jalur sebaliknya, dari Pelabuhan Benoa ke arah Pesanggaran difungsikan dua arah," katanya.

PT Jasamarga Bali Tol juga akan menyiagakan petugas kebersihan di sekitar lokasi upacara dan ambulans jalan tol yang siaga di depan SPBU Jalan Pelabuhan Benoa. (Antara)

SUARA.com/Iwan Supriyatna

Baca Juga: Sophia Latjuba dan Gading Marten Ngopi sampai Pergi Bareng ke Nepal

Berita Terkait TERKINI
Inilah deretan tempat wisata Cianjur yang cocok dikunjungi saat musim libur Lebaran....
travel | 11:30 WIB
Beberapa destinasi wisata religi ini cocok dikunjungi saat libur Lebaran....
travel | 11:15 WIB
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Tampilkan lebih banyak