Travel

Menyambangi Cantiknya 4 Destinasi Wisata di Sambas Kalimantan Barat

Serpihan surga di ekor Kalimantan.

Tinwarotul Fatonah | Aditya Prasanda

(Pixabay Public Co)
(Pixabay Public Co)

Guideku.com - Kabupaten Sambas di Kalimantan Barat merupakan salah satu kawasan yang dikenal memiliki beragam destinasi wisata menakjubkan.

Beberapa di antaranya, Guideku.com himpun dalam 4 destinasi wisata Sambas yang wajib masuk itenerary kamu berikut. Apa saja?

Temajuk

(Instagram Andistanto)
(Instagram Andistanto)

Bertolak 350 kilometer dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Temajuk membentang menawarkan pesona lanskap alamnya nan menawan.

Formasi bebatuan raksasa di dekat bibir pantainya dengan hamparan pasir putih kecoklatan dan air laut nan jernih mudah mengingatkan kita pada pesona Belitung.

Sebab kemolekannya, kawasan wisata di sekitar Pantai Pelaik ini kerap jadi destinasi favorit wisatawan yang hendak mengabadikan senja.

Pantai Polaria

(Instagram Usaha Kaya Raya)
(Instagram Usaha Kaya Raya)

Bebatuan granit berukuran besar terhampar di bibir Pantai Polaria.

Formasi bebatuan dan hamparan pasir putih nan memesona membuat pantai ini memiliki kondisi geografis yang unik.

Sebab kondisi geografisnya yang unik pula, destinasi wisata ini kerap dipilih sebagai lokasi syuting film lokal Kalimantan Barat.

Popularitas Pantai Polaria pun kian menanjak, sejak dipilih sebagai lokasi syuting film-film lokal.

Tak heran, banyak keluarga dan muda mudi yang kerap memanfaatkan waktu luangnya di Pantai Polaria untuk sekadar bersantai dan menikmati pesona pesisir Kalimantan.

Danau Sebedang

(Instagram Kalbar Info)
(Instagram Kalbar Info)

Dipagari kawasan perbukitan hijau nan asri dan meneduhkan, Danau Sebedang dengan permukaan airnya nan jernih dan memesona menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang menyambangi Sambas.

Pantai Selimpai Paloh

(Instagram Rosandi Chandra)
(Instagram Rosandi Chandra)

Termasuk dalam kompleks kawasan konservasi Taman Wisata Tanjung Belimbing, Pantai Selimpai Paloh dengan hamparan pasir putihnya nan menawan menjelma tempat bertelur kawanan penyu laut.

Saat kawanan penyu memasuki masa reproduksi, para wisatawan tak diizinkan menapaki kawasan Selimpai Paloh.

Di luar fase tersebut, kawasan ini kerap dimanfaatkan untuk mendirikan camping ground baik di sekitar hamparan pasir putih maupun di kawasan hutan sekitarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini