Travel

Ramai Kasus Kamera Pengintai, 5 Tips Gunakan Toilet Umum di Korea Selatan

Cermat untuk liburan yang aman dan nyaman.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

(Pixabay Lanz Andy)
(Pixabay Lanz Andy)

Guideku.com - Penggemar KPOP dan publik Korea Selatan belakangan tengah digegerkan dengan kasus pelecehan seksual yang dilakukan Jung Joon Young, Seungri BIGBANG, Choi Jong Hoon FT Island dan sederet nama penting dalam industri hiburan Korea Selatan.

Kasus pelecehan dengan merekam aktivitas seksual bersama beberapa wanita tanpa sepengetahuan mereka ini tak hanya jadi momok bagi publik Korea Selatan, belakangan sebuah fakta lain terungkap dan membuat tak hanya masyarakat setempat gelisah namun juga wisatawan yang menyambangi Negeri Ginseng.

Sebab di Korea Selatan saat ini tengah ramai diperbincangkan soal keberadaan kamera tersembunyi yang dipasang di toilet umum oleh sejumlah oknum tak bertanggung jawab.

 

''Jika mengunjungi Korea Selatan, tolong pastikan kembali lubang dalam toilet, sebab bukan tidak mungkin sebuah kamera tersembunyi diselipkan disana. Periksa pula cermin satu arah dan dua arah di manapun kamu berkunjung,'' tulis seorang pengguna Twitter, shanxxvi.

Lantas jika kita ngotot berlibur ke Negeri Ginseng, penanangan seperti apa yang dapat kita lakukan? Berikut 5 tips aman menggunakan toilet umum di Korea Selatan ala Guideku.com.

1. Cermati dudukan toiletmu, apakah ada ruang tersisa atau tidak. Jika terdapat ruang tersisa, tinggalkan toilet tersebut.

2. Ingatlah bahwa cermin dua arah harus diletakkan pada dinding yang tak berada di atas WC. Jika menemukan kejanggalan sebaliknya, kita patut curiga.

3. Ketuk cermin yang ada di toilet. Cermin yang normal dan tidak dipasangi kamera, menghasilkan suara yang menggema.

(Pixabay Jarmoluk)
(Pixabay Jarmoluk)

 

4. Sorot cermin toilet menggunakan senter ponsel pintarmu. Cermin yang dipasangi ruang tersembunyi akan memperlihatkan ruangan lain yang tersambung ke cermin.

5. Periksa pula gantungan baju dan tas yang berada di bilik toilet, apakah ada kamera tersembunyi di sekitarnya.

So, tak perlu takut lagi berlibur ke Korea Selatan, masih bisa diatasi dengan deretan tips di atas bukan?

Berita Terkait

Berita Terkini