Travel

3 Fasilitas MRT Jakarta untuk Penyandang Disabilitas

MRT Jakarta memiliki berbagai fasilitas untuk penyandang disabilitas.

Dany Garjito

Suasana perjalanan penumpang menggunakan Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun MRT Lebak Bulus di Jakarta, Selasa (12/3). [Suara.com/Arief Hermawan P]
Suasana perjalanan penumpang menggunakan Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun MRT Lebak Bulus di Jakarta, Selasa (12/3). [Suara.com/Arief Hermawan P]

Guideku.com - Terdapat fasilitas MRT Jakarta untuk penyandang disabilitas. Setidaknya ada tiga fasilitas yang bisa membantu para penyandang disabilitas untuk naik MRT Jakarta.

Apa saja?

Berikut tiga fasilitas yang bisa membantu para penyandang disabilitas untuk naik MRT Jakarta!

Gerbong khusus

Pertama ada gerbong khusus untuk penyandang disabilitas di MRT Jakarta. Gerbong khusus untuk penyandang disabilitas ini ditempatkan di gerbong tiga dan empat.

"Untuk yang menggunakan kursi roda bisa menggunakan gerbong tiga dan empat karena ada area khusus tidak ada kursinya sehingga bisa parkir disana," kata Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaludin di CFD Taman Dukuh Atas, Minggu (31/3/2019), seperti dikutip dari Suara.com.

Staf yang membantu penyandang disabilitas

Muhamad Kamaludin juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menyediakan staf di setiap stasiun dan gerbong khusus untuk membantu penyandang disabilitas untuk menggunakan MRT Jakarta.

Kamaludin menambahkan, bila penyandang disabilitas membutuhkan bantuan, dapat menghubungi staf yang ada di setiap stasiun.

Ia memberikan contoh, bila penyandang disabilitas naik dari stasiun Lebak Bulus menuju Bundaran HI, di stasiun tujuan sudah ada yang menunggu di depan pintu kereta.

"Staf kami akan membantu difabel untuk masuk dan keluar kereta dengan aman. Dari operasi control center memantau terus dari sana kalau ada difabel dalam kereta stasiun tujuannya sudah siap," imbuhnya.

Lift khusus

Untuk diketahui, guna mendukung transportasi umum ramah penyandang disabilitas, MRT juga menyediakan lift khusus di setiap stasiun untuk naik turunnya penumpang difabel.

Suasana di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Senin (25/3).[Suara.com/Muhaimin A Untung]
Suasana di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Senin (25/3).[Suara.com/Muhaimin A Untung]

Pengoperasian lift tersebut baru dilakukan setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 24 Maret 2019 di CFD Bundaran HI silam.

Penerapan fasilitas untuk penyandang disabilitas tersebut melalui respon masyarakat dari hasil uji coba publik yang dilakukan pada 12-23 Maret 2019 lalu.

Itulah tiga fasilitas yang bisa membantu para penyandang disabilitas untuk naik MRT Jakarta!

SUARA.com/Muslimin Trisyuliono

Berita Terkait

Berita Terkini