Hanum Rais Menolak Bandara Baru Yogyakarta Dioperasikan Sebelum Pemilu 2019

Ini alasannya!

Dany Garjito
Jum'at, 05 April 2019 | 19:30 WIB
Hanum Rais (Instagram)

Hanum Rais (Instagram)

Guideku.com - Hanum Rais, putri dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, menolak operasional Bandar Udara Baru Yogyakarta (BUBY) dilakukan pemerintah sebelum 17 April 2019 atau sebelum hari pencoblosan Pemilu 2019. Penolakan Hanum Rais tersebut berdasarkan investigasi Ombudsman RI yang menilai bandara BUBY belum laik beroperasi.

Penolakan disampaikan Hanum Rais melalui akun Twitternya @hanumrais pada Kamis (4/4/2019) kemarin. Hanum Rais menganggap rencana pengoperasian bandara pada 7 April mendatang untuk pencitraan pemerintah di era Presiden Jokowi.

"Wahai rezim penguasa, demi pencitraan, kau korbankan keselamatan dan keamanan para penumpang. Tolak pemaksaan operasional Bandara NYIA sebelum 17 April!," tulis Hanum seperti dikutip Suara.com, Jumat (5/4/2019).

Baca Juga: Gisel dan Wijin Liburan Bareng ke Thailand, Gading : Pergilah Kasih

Anggota Ombudsman RI Alvin Lie sebelumnya menganggap pembangunan Bandara BUBY yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta masih harus dituntaskan dan tidak bisa dipaksakan beroperasi pada 7 April 2019. Menanggapi hal itu, Hanum pun menilai ada unsur pemaksaan dari pemerintah demi mendapatkan pencitraan baik di masa kampanye.

Ombudsman RI merekomendasikan penundaan operasional Bandar Udara Baru Yogyakarta yang sedianya dilakukan pada 7 April 2019. Sebab Bandar Udara Baru Yogyakarta belum laik beroperasi.

Jika Bandar Udara Baru Yogyakarta dipaksakan operasional sebagian pada 7 April 2019, maka BUBY berpotensi belum memenuhi standar pelayanan publik untuk penyelenggaraan bandar udara internasional. Sementara BUBY belum layak beroperasi, Bandar Udara Adisutjipto masih layak difungsikan hingga BUBY tuntas pembangunannya dan memenuhi berbagai persyaratan dan standar pelayanan publik.

Baca Juga: Ditanya Sekamar dengan Gisel saat di Hotel, Ini Jawaban Wijaya Saputra

"Ombudsman RI menilai bahwa Bandar Udara Baru Yogyakarta (BUBY) belum layak untuk dioperasikan pada tanggal 7 April 2019," tulis Alvin Lie dalam laporan itu yang dikutip Suara.com langsung dari laporan investigasi tersebut, Rabu (3/4/2019).

SUARA.com/Ria Rizki Nirmala Sari

Baca Juga: Pakai Mantel Bulu, Syahrini dan Lucinta Luna Dapat 'Surat Cinta'

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak