Travel

Hidupkan Kembali, Perancis Gelar Sayembara Rekonstruksi Katedral Notre Dame

Dari seluruh dunia, untuk Notre Dame.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

(Wikimedia Madhurantakam)
(Wikimedia Madhurantakam)

Guideku.com - Pasca bangunan ikonik Perancis, menara Notre Dame lumat dilahap si jago merah, pemerintah Perancis menelurkan sayembara merancang ulang menara Katedral Notre Dame.

Perdana Menteri Perancis, Edouard Phillipe dalam keterangannya menyebut, desain baru menara Notre Dame tersebut diharapkan dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman dan tantangan arsitektur hari ini, alih-alih membangun menara persis seperti aslinya.

''Kami akan mengumumkan perkembangan sayembara pembangunan ulang Notre Dame. Ya, layaknya setiap warisan kebudayaan yang berevolusi, kami harus membangun menara baru untuk Notre Dame,'' ujar Edouard Phillipe pada Dezeen seperti dikutip Guideku.com dari Travel and Leisure.

(Instagram Arinav Art)
(Instagram Arinav Art)

Sementara itu, presiden Perancis, Emmanuel Macron berjanji akan kembali membangun Katedral Notre Dame jauh lebih indah dari sebelumnya.

Dalam ikrarnya ia berharap proses pemulihan dapat dilakukan secara bertahap dalam lima tahun betapapun para ahli memperkirakan proses rekonstruksi tersebut dapat berlangsung lebih lama selama beberapa dekade demi mengembalikan kejayaan Notre Dame.

(Wikimedia Peter K Burian)
(Wikimedia Peter K Burian)

Hingga hari ini, otoritas Notre Dame telah mengantungi lebih dari 800 juta Euro atau setara Rp 12,6 triliun sumbangan yang diperoleh dari berbagai pihak, termasuk miliarder dan instansi yang membantu proses rekonstruksi Notre Dame.

Sementara penggalangan dana masih berlangsung, hingga hari ini pihak keamanan setempat terus menyelidiki sebab kebakaran di Notre Dame.

Berita Terkait

Berita Terkini